Penanaman nilai karakter siswa melalui program wajib shalat dhuha di SDIT Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya

Dolah, Mareena (2018) Penanaman nilai karakter siswa melalui program wajib shalat dhuha di SDIT Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Mareena Dolah-1401111901.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam deminsi hati, pikir, raga, serta rasa dan karsa. Pendidikan karakter merupakan salah satu benteng dan dianggap solusi terbaik untuk membutuhkan dan memperbaiki moral dan karakter bangsa yang pada saat ini terbawa oleh arus globalisasi yang sangat cepat. Di dalam agama Islam, pendidikan karakter sudah diterapkan sejak usia dini, salah satunya yakni shalat dhuha. penanaman nilai karakter melalui program wajib shalat dhuha ini merupakan pendidikan karakter untuk mengatasi degradasi moral dan karakter secara pola pikir dan perilaku siswa. Sehingga persoalan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan karakter siswa melalui program wajib shalat dhuha di SDIT Alam IKM Al-Muhajirin Palangka Raya?. (2) Nilai-nilai karakter apa saja yang dikembangkan melalui program wajib shalat dhuha di SDIT Alam IKM Al-Muhajirin Palangka Raya?.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan karakter siswa melalui shalat dhuha di SDIT Alam IKM Al-Muhajirin Palangka Raya. (2) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang dikembang melalui program wajib shalat dhuha di SDIT Alam IKM Al-Muhajirin Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data mencakup 3 cara menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Karakter yang di lakukan di SDIT Alam IKM Al-Muhajirin Palangka Raya adalah melalui program wajib shalat dhuha yang dikerjakan oleh peserta didik serta para guru. Sedangkan nilai-nilai karakter yang dikembangkan adalah a) religius yang tercermin dalam beberapa tindakan siswa seperti melaksanakan ibadah sholat dhuha secara terus menerus; b) disiplin yang tercermin menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan; c) jujur yang tercermin pada gerakan dan bacaan saat shalat dhuha; d) tanggung jawab yang tercermin pada kesadaran untuk melaksanakan tugas shalat dhuha dan kewajiban dengan baik secara tidak terpaksa.

ABSTRACT

Character education is the process of guiding learners to be human who have good character in the dimensions of heart, mind, body, taste, and intention. Character education is one of the strongholds and is considered the best solution to cultivate and improve the moral and character of the nation that is influenced by the rapid development of globalization era. In Islam, character education has been applied since in the early childhood, some of which are dhuha preyers. Character cultivation through dhuha preyer activities is a character in the mindset and behavior of studens. So the problem that is analyzed are 1) How is development of students' character trough obligation of dhuha praying program in SDIT Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya? 2) What are the character values that is developed through obligation of dhuha praying program in SDIT Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya?
The objectives of this study were: (1) to describe development of students' character trough obligation of dhuha praying program in SDIT Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya. (2) to describe the character values that is developed through obligation of dhuha praying program in SDIT Alam Ikatan Keluarga Muslim Al-Muhajirin Palangka Raya.
This research used descriptive qualitative method. The data collecting technique included 3 ways, used observation, interview, and documentation technique.
Research result showed that character development in SDIT Alam IKM Al-Muhajirin Palangka Raya is done by obligation of dhuha praying program for teachers and students. While, the developed value characters are a) religious is reflected in some students’ actions such as doing dhuha praying regularly; b) discipline is showed by students’ obedient and orderly action to every certainty and rules; c) honesty is reflected on movement and reading when doing dhuha praying; d) responsibility is reflected on realization to doing obligation of dhuha praying without compulsion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai karakter siswa; Pendidikan Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 14 May 2019 23:49
Last Modified: 14 May 2019 23:49
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1529

Actions (login required)

View Item View Item