Pengaruh lokasi usaha dan harga pasar malam di Palangka Raya terhadap ekonomi masyarakat sekitar

Hazmi, Luberto (2018) Pengaruh lokasi usaha dan harga pasar malam di Palangka Raya terhadap ekonomi masyarakat sekitar. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Luberto Hazmi - 1492129326.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagaimana kita tau pasar adalah sebuah tempat bertemunya pembeli dengan penjual guna melakukan transaksi ekonomi yaitu untuk menjual atau membeli suatu barang dan jasa atau sumber daya ekonomi dan berbagai faktor produksi yang lain kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat tinggal (rumah). Seiring berjalannya waktu dan seiring berkembang nya jaman pasar pun ikut berkembang dengan adanya pasar malam, sesuai dengan namanya pasar malam adalah pasar tradisional yang buka pada malam hari dengan skala yang lebih kecil dari pada pasar pada umumnya.
Untuk itu penelitian ini akan difokuskan pada pengaruh lokasi pasar dan harga pedagang kaki lima pasar malam di Palangka Raya terhadap ekonomi masyarakat sekitar, bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi pasar dan harga terhadap ekonomi masyarakat sekitar) dengan menggunakan program SPSS 18.0.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan atau bisa disebut dengan field research, dan melakukan analisis data dengan uji Regregi berganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelaku pasar malam dipalangkaraya menurut lokasi yang saya teliti ±200 orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 133 responden pelaku pasar malam, dan dari jumlah responden tersebut diberikan angket untuk dijawab. Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada 133 responden dengan jumlah 12 item pernyataan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai F (serentak) sebesar 9.192 Apabila menggunakan F tabel sebesar 3.07 maka artinya ada pengaruh secara signifikan antara lokasi pasar dan harga secara simultan terhadap Ekonomi masyarakat sekitar. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai R Square sebesar 0,101 yang dapat diartikan bahwa variabel lokasi pasar dan harga mempunyai pengaruh sebesar 10.1 % terhadap variabel ekonomi masyarakat sekitar, sedangkan 89.9%, lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar dari variabel lokasi pasar dan harga.

ABSTRACT

As we know that market is a place to meet between sellers and buyers in order to do an economic transaction that is selling and buying goods and services or economic resources and other factors of human needs besides food and residence. As time goes by, market is also developing with the existence of night market. As like as the name, night market is a traditional market which open in the night with a smaller scale than other market generally.
This research will focus on the influence of business location and night market street vendors prices in Palangka Raya toward the economy of the society around which aims to know the influence of business location and price toward the society economy around by using SPSS 18.0 program.
Quantitative research is the type of this research. This research is a direct research or well known as field research, and analyse the data with multiple regression test. The population of the research is all the night market subjects in Palangka Raya around +- 200 people. In another side, the research samples are 133 respondents in which they has been given a questionnaire to be answered. Based on the result of instrumental trial test that is done at 133 respondents with 12 question items.
The result of this research shows that F value (simultaneous) is 9.192. If using F table of 3.07, it means there is a significant influence between the types of clothing product and the price determining toward the product demand simultaneously. The research result also describes that R square value is 0.101, it means that market location variable and price have the influence at 10.1% toward the society economy around, while 89.9% is influenced by external factors from the market location and price variable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pasar; Ekonomi Masyarakat;
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 14 May 2019 07:04
Last Modified: 14 May 2019 07:04
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item View Item