Analisis kesesuaian antara materi, metode dan media pembelajaran pada mata pelajaran pai di kelas V SDN 2 Bapinang Hilir Laut

Purwaningsih, Linda (2018) Analisis kesesuaian antara materi, metode dan media pembelajaran pada mata pelajaran pai di kelas V SDN 2 Bapinang Hilir Laut. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Linda Purwaningsih - 1221111567.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses kegiatan pembelajaran, unsur yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran adalah kesesuaian antara materi, metode, dan media. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) harus mampu memilih dan menerapkan metode dan media pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan menggunakan metode dan media pembelajaran, motivasi dan minat siswa terhadap pembelajaran akan lebih meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui materi, metode dan media pembelajaran yang digunakan guru pada mata pelajaran PAI di Kelas V SDN 2 Bapinang Hilir Laut. (2) Mengetahui kesesuaian antara materi dengan metode dan media pembelajaran yang digunakan guru pada mata pelajaran PAI di Kelas V SDN 2 Bapinang Hilir Laut. (3) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesesuaian antara materi dengan metode dan media pembelajaran yang digunakan guru pada mata pelajaran PAI di Kelas V SDN 2 Bapinang Hilir Laut.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan kesesuaian antara materi, metode dan media pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Materi pelajaran yang disampaikan oleh guru PAI di Kelas V SDN 2 Bapinang Hilir Laut adalah tentang surah Al-Lahab dan Al-Kafirun, Kitab-kitab Allah SWT dan kisah Nabi Musa AS. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI di Kelas V SDN 2 Bapinang Hilir Laut adalah metode ceramah, demostrasi, tanya jawab, dan penugasan. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI adalah buku pelajaran dan papan tulis. (2) Materi pelajaran yang disampaikan oleh guru PAI di Kelas V SDN 2 Bapinang Hilir Laut sudah sesuai dengan metode pembelajaran, karena telah mengacu kepada RPP dan silabus. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI masih sangat kurang dan belum sesuai dengan materi pelajaran, karena tidak mengacu kepada RPP dan silabus. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesesuaian antara materi, metode dan media pembelajaran yang digunakan guru PAI di Kelas V SDN 2 Bapinang Hilir Laut adalah fasilitas pembelajaran dan kemampuan guru dalam menentukan metode dan media pembelajaran.

ABSTRACT

In the process of learning activities, the elements that can support the success of learning are the compatibility between material, method, and media. The teacher of Islamic Religious Education (PAI) must be able to choose and apply learning methods and media, so that the objectives of learning activities can be achieved. By using learning methods and media, students’ motivation and interest in learning will be increase.
The main purpose of this research are: (1) To find out the material, method and media that used by the teacher in Islamic education subjects at SDN 2 Bapinang Hilir Laut. (2) To find out the compatibility between the material, method and media that used by the teacher in Islamic education subjects at SDN 2 Bapinang Hilir Laut. (3) To find out the factors that influence the compatibility between the material and method and media that used by the teacher in Islamic education subjects at Class V SDN 2 Bapinang Hilir Laut.
This research used descriptive qualitative method. Qualitative descriptive method is used to describe the compatibility of the material, method and media. The instruments that used are observation, interview, and documentation. The technique of data analysis that used in this research are data collection, data reduction, data presentation and data verification.
The results of this researh showed that: (1) The material that delivered by the teacher in Islamic education subjects at Class V SDN 2 Bapinang Hilir Laut about Surah Al-Lahab and Al-Kafirun, the Books of Allah SWT and the story of Prophet Musa AS. The method that used by the teacher of Islamic Religion Education (PAI) at Class V SDN 2 Bapinang Hilir Laut are lecture method, demonstration, assignment, question and answer. The media that used by the teacher of Islamic Religion Education (PAI) at SDN 2 Bapinang Hilir Laut are textbooks and blackboard. (2) The materials and methods that applied by the teacher of Islamic Religion Education (PAI) are in accordance with the learning objectives because they are refer to the subject matter in the RPP and syllabus. The media that used by the teacher of Islamic Religion Education (PAI) are not in accordance with the learning objectives, because they only use textbooks and blackboard. (3) The factors that influence the compatibility between the material, method and media that used by the teacher of Islamic Religion Education (PAI) at Class V SDN 2 Bapinang Hilir Laut are the educational facilities and the ability of the teacher.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Pendidikan agama islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 14 May 2019 06:56
Last Modified: 14 May 2019 06:56
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item