Kartini, Laila (2018) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media leaflet materi klasifikasi makhluk hidup terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Laila Kartini - 140114077.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari kurangnya motivasi peserta didik pada pembelajaran sehingga nilai peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup rata-rata di bawah kkm. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing berbantuan media Leaflet terhadap motivasi belajar peserta didik materi klasifikasi makhluk hidup 2) Mengetahui Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing berbantuan media Leaflet terhadap Prestasi belajar peserta didik.3) Mendiskripsikan Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing berbantuan media Leaflet terhadap motivasi belajar peserta didik 4) Mendeskripsikan Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing berbantuan media Leaflet terhadap Prestasi belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 46 peserta didik untuk 2 kelas. Rumus yang digunakan untuk uji hipotesis pada penelitian ini adalah rumus separated varians.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan analisis uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Inkuiri terbimbing pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap motivasi belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil Perhitungan analisis uji t data nilai postest motivasi belajar kelas eksperimen menggunakan paired-samples t tes diperoleh nilai t -1,872 yaitu 1,872>1,680 sehingga H1 diterima. Berdasarkan analisis uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran Inkuiri terbimbing pada materi klasifikasi makhluk hidup terhadap Prestasi belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil Perhitungan analisis uji t data nilai postest prestasi belajar kelas eksperimen di peroleh dengan taraf taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,680. Hasil pengujian postest dari kelas kontrol dan eksperimen memiliki kriteria pengujian yaitu 2,573>1,680 sehingga H1 diterima. 3) Motivasi peserta didik dikatakan sangat baik dengan rata-rata skor 94,95% berkategori sangat baik. 4) Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran Inkuiri terbimbing dapat meningkatkan Prestasi belajar belajar peserta didik pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya.
ABSTRACT
This study departs from the lack of motivation of students in learning so that the value of students in the material classification of living things is below the average kkm. This research aims to: 1) To know the influence of guided inquiry learning model using leaflet media toward students’ learning motivation in the classifications of living organism material. 2) To know the influence of guided inquiry learning model using leaflet media toward students’ learning achievement. 3) Describe the Influence of guided inquiry learning model using leaflet media toward students’ learning motivation. 4) Describe Influence of of guided inquiry learning model using leaflet media toward students’ learning achievement.
This study used a quantitative approach with the Nonequivalent Control Group research design. The sampling technique in this study is purposive sampling technique. The sample used were 46 students for 2 classes. The formula used to test the hypothesis in this study is the separated variance formula.
The results show that: 1) Based on the test analysis the hypothesis states that there is influence of guided inquiry learning model using leaflet media toward students’ learning motivation in the classifications of living organism material. This can be seen from the results of the calculation of the test analysis t data posttest value of the experimental class learning motivation using paired-samples t test obtained t-value -1.872 is 1.872> 1.680 so H1 is accepted. Based on the test analysis the hypothesis states that there is influence of guided inquiry learning model using leaflet media toward students’ learning achievement. This can be seen from the results of the calculation of the t test analysis of the data posttest value of the experimental class learning achievement obtained with a level of significance level 5% obtained t table = 1.680. The results of posttest testing from the control and experimental classes have a testing criteria of 2.573> 1.680 so that H1 is accepted. 3) The motivation of students is said to be very good with an average score of 94.95% in very good category. 4) So it can be concluded that in learning using the guided inquiry learning model could increase the students’ learning achievement in the classifications of living organism material in the 7th grader of SMP Muhammadiyah Palangka Raya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 13 May 2019 00:15 |
Last Modified: | 13 May 2019 00:15 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1515 |
Actions (login required)
View Item |