Pemanfaatan ICT (information and communication technology) melalui e-learning dalam pembelajaran dewasa ini

Azis, Abdul (2006) Pemanfaatan ICT (information and communication technology) melalui e-learning dalam pembelajaran dewasa ini. Himmah, VII (18). ISSN 1412-4742

[img] Text
Abdul Azis.pdf

Download (4MB)

Abstract

Paradigma pembelajaran konvensional dimana posisi guru yang sanSat dominan yakni gurulah yang menentukan jalannya proses pembelajaran dengan menentukan materi dan referensi yang dipakai sena menjadi penennr keberhasilan seorang siswa, dengan kehadiran ICI telah mulai ditinggalkan.

Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi (lCT) dengan produk-produk teknologi yang dihasilkan telah memberikan kemudahan dalam dunia pendidikan, salah satunya berupa layanan pembelajaran melalui elearning yang dapat dilakukan oleh peserta didik dengan mengakses melalui jaringan internet.

Dengan fasilitas ICT ini, setiap siswa dapat memiliki pengetahuan apapun, bahkan yang melampaui apa yang mungkin dimiliki gurunya. Siswa dapat menemukan cara-cara memahami pengetahuan yang sama dari berbagai macam sudut dan cara pemahaman yang berbeda dari gurunya. Otoritas pengetahuan yang sebelumnya hanya dimiliki guru, kini dimiliki juga oleh setiap media komunikasi, bahkan dengan kemungkinan cara penyajian yangjauh lebih menarik dari pada yang dapat disajikan oleh guru di dalam kelas. Banyak manfaat yang diperoleh dari pembelajaran melalui elearning, antara lain adalah: fleksibelitas, independent learning dan efesiensi dalam pembiayaan

Item Type: Journal Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 10 May 2019 06:27
Last Modified: 10 May 2019 06:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item View Item