Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik pada Madrasah Aliyah di kabupaten Sukamara

Nailurrachman, M. Tariq (2018) Manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik pada Madrasah Aliyah di kabupaten Sukamara. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (373kB)
[img] Text
Isi Tesis M. Tariq Nailurrachman - 16013152.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh perpustakaan sebagai bagian integral dari suatu lembaga pendidikan merupakan sarana penting dalam menunjang proses pembelajaran di Madrasah Aliyah yang berada di Kabupaten Sukamara secara aktif dan positif. Karena itu, perpustakaan sebagai pusat sumber belajar diharapkan mampu meningkatkan minat baca siswa. Dengan perpustakaan yang tersedia harus dapat menunjang proses belajar mengajar, sehingga perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi perpustakaan disesuaikan dengan standar perpustakaan nasional.
Tujuan penelitian ini memperoleh gambaran tentang kondisi perpustakaan Madarasah Aliyah disukamara; memperoleh gambaran tentang respon para kepala perpustakaan Madrasah Aliyah di Sukamara tentang kegiatan pembinaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang disajikan dalam bab pertama dan kedua, yang masing-masing membahas pendahuluan dan tinjauan pustaka, sedangkan dalam paparan data/temuan dan pembahasan penelitian ada dalam bab keempat. Dalam pemabahasan ini penulis menggunakan metode interview/wawancara, observasi dan dokumentasi serta pengumpulan dokumen-dokumen dan data yang valid.
Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti dilapangan, penulis menyimpulkan bahwa, (1) standar pelayanan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca ialah: mempermudah dalam prosedur peminjaman buku, mensosialisasikan prosedur peminjaman, memberikan pelayanan pinjaman dengan ramah dan komunikatif, peningkatan SDM di perpustakaan, (2) Pelaksanaan pelaksanaan: pengolahan bahan pustaka menyesuaikan peraturan pemerintah yang berlaku. pelaksanaan pengorganisasian sumber daya manusia ditunjukkan dengan adanya struktur organisasi, kegiatan pengarahan dan kegiatan koordinasi perpustakaan dengan struktur organisasi, pelaksanaan penataan sarana prasarana perpustakaan disesuaikan dengan kapasitas ruang perpustakaan, sehingga digunakan untuk ruang pelayanan, ruang baca, ruang proses KBM dan ruang koleksi, pelaksanaan layanan perpustakaan disesuaikan dengan siswa, guru dan karyawan, sehingga terdapat 2 pelayanan yaitu pelayanan sirkulasi dan pelayanan teknis pelaksanaan penggunaan anggaran perpustakaan digunakan untuk pembelian bahan pustaka, sarpras dan ATK perpustakaan yang bersumber dari dana BOS, RAPBS dan dana hibah dari pemerintah atau perusahaan setempat serta dari sumbangan siswa kelasXII yang akan lulus. 3. Evaluasi dan pengawasan perpustakaan sekolah di tiga Madrasah Aliyah di Kabupaten Sukamara dilakukan oleh pihak kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan pengawasan yang dilaksanakan untuk peningkatan SDM.

ABSTRACT

The research in this thesis is motivated by the library as an integral part of the activities of educational institutions in assisting the learning process in the Aliyah Madrasah in Sukamara District, active and positive. Therefore, the library as a learning center will be able to increase students' reading interest. With the available library must be able to help the teaching and learning process, make planning, implementation and evaluation with national library standards.
The purpose of this study was to study the condition of the Madrasah Aliyah library in disukamara; responses about the responsibilities of the heads of the Aliyah Madrasah libraries in Sukamara about coaching activities in increasing students' interest in reading.
The approach used in this study is a qualitative approach using descriptive methods used in the first and second chapters, each of which discusses the introduction and contents of the literature, while in the data / findings and discussion of research is in the fourth chapter. In this understanding the writer uses interview / interview methods, documentation and documentation and valid data.
The results of research obtained by researchers in the field, the authors conclude that, (1) service standards in encouraging reading interest are: use in the procedure of borrowing books, socializing loan procedures, providing friendly and communicative credit services, increasing human resources in libraries, (2) Implementation implementation: processing library materials with applicable government regulations. implementation of organizing human resources by enabling organizational structures, directing activities and activities with an organizational structure, implementing library infrastructure facilities with the capacity of library space, space for service rooms, reading rooms, teaching and learning process rooms and collection rooms, school coaching services with teachers , employees, and taxes, education services and services, services and services used for the payment of library materials, library services and library stationery sourced from BOS funds, RAPBS and grants from the government or local companies and from donations from class XII students who will graduate. 3. Evaluation and supervision of libraries in three Aliyah Madrasas in Sukamara District carried out by the school principal and deputy headmaster of the curriculum and supervision field carried out for HR

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan; Minat Baca siswa
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 29 Apr 2019 06:32
Last Modified: 29 Apr 2019 06:32
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1453

Actions (login required)

View Item View Item