Manajemen kurikulum 2013 di MIN 1 kota Palangka Raya

Ernawati, Ernawati (2018) Manajemen kurikulum 2013 di MIN 1 kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (635kB)
[img] Text
Isi Tesis Ernawati - 15013097.pdf

Download (945kB)

Abstract

Kurikulum dan pembelajaran dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam proses pendidikan. Guru sebagai implementator kurikulum dalam konteks pembelajaran di sekolah sangatlah penting mengetahui dan menerapkan prinsip-prinsip manajemen dalam mengelola sumber daya manusia dan informasi pengetahuan melalui proses pembelajaran agar tujuan yang ditetapkan tercapai dengan efektif dan efisien baik proses maupun hasilnya.
Masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana manajemen kurikulum 2013 di MIN 1 Kota Palangka Raya? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat manajemen kurikulum 2013 di MIN 1 Kota Palangka Raya? 3) Apa upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam manajemen kurikulum 2013?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui manajemen kurikulum 2013 di MIN 1 Kota Palangka Raya. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen kurikulum 2013 di MIN 1 Kota Palangka Raya. 3) Mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam manajemen kurikulum 2013.
Metode penelitian ini adalah kualitatif diskriptif jenis penelitian lapangan (field research). Subyek penelitian yakni guru kelas IV yang berjumlah 3 orang. Metode dalam pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, meliputi koleksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini yakni: 1) Manajemen kurikulum 2013 di MIN 1 Kota Palangka Raya sudah dilaksanakan dengan baik dan maksimal. 2) Faktor pendukung manajemen kurikulum 2013 di MIN 1 Kota Palangka Raya terdiri dari faktor ekstern dan faktor intern. Faktor ekstern yaitu; mengikuti pelatihan, supervisi dari kepala madrasah dan pengawas pembina, sarana dan prasarana, pembinaan kontinyu dari kepala madrasah, kerja sama dan dukungan orang tua siswa, teamwork yang solid dan komunikasi internal yang baik sesama warga MIN 1. Faktor intern yaitu; motivasi dan kreatifitas yang tinggi para guru. Sedangkan faktor penghambat adalah mengintegrasikan mata pelajaran, jumlah siswa yang sangat banyak dalam setiap kelas, menyiapkan media dan strategi yang tepat, kurangnya penguasaan IT, Pengadaan in fokus yang belum maksimal, SDM yang menguasai IT belum 100 % dan rumitnya penilaian. 3) upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan dalam manajemen kurikulum 2013 yaitu; melakukan bimbingan belajar kepada siswa, guru banyak membaca, pengaturan teknis dalam menilai sikap dan keterampilan siswa, menjalin komunikasi dan kerja sama dengan orang tua siswa, sharing dengan guru-guru, belajar IT, memupuk semangat dalam diri. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah adalah; pembagian tugas yang cepat dan jelas, mengadakan Bimtek/Workshop, mengikutsertakan guru dalam pelatihan, mendukung guru untuk belajar IT, memotivasi guru untuk menjadi manusia pembelajar, semangat kepala madrasah dalam mengupayakan memajukan madrasah baik dari segi sumber daya manusia (SDM) maupun fasilitas/sarana.

ABSTRACT

The curriculum and learning are two things that could not be separated in the educational process. Teachers as curriculum implementers in school’s learning context is very important to recognize and apply the principles of human resource’s management and information through the learning process, so that the objectives are achieved effectively and efficiently both process and results.
The research problems were: 1) how is the 2013 curriculum management at MIN 1 Palangka Raya city? 2) what are the factors supporting and inhibiting the management of the 2013 curriculum at MIN 1 Palangka Raya city? 3) what is the effort undertaken to overcome obstacles in 2013 curriculum implementation? The purposes of this research were: 1) to recognize the 2013 curriculum management at MIN 1 Palangka Raya city. 2) to recognize the supporting and inhibiting factors of 2013 curriculum management at MIN 1 Palangka Raya city. 3) to recognize the effors undertaken to overcome obstacles in 2013 curriculum implementation.
This research method was qualitative descriptive and the type used was field research. The subjects of the research were three the fourth grade teachers. The data collection methods were; observation, interview and documentation. The data descriptive analysis included the data collection, data presentation, and drawing conclusions.
The results of this research were: 1) The 2013 curriculum management at MIN 1 Palangka Raya had been implemented well and maximally. 2) The supporting factors of 2013 curriculum management at MIN 1 Palangka Raya consisted of external and internal factors. External factors were training, supervision from madrasah principal and supervisors, facilities and infrastructure, regular construction from madrasah principal, cooperation and parents’ supports, solid team and good internal interaction at MIN 1 Palangka Raya city. The internal factors were spirit and creativity of the teachers. The inhibiting factors were the subject integration, enormous number of students in each class, preparing appropriate media and strategies, the lack of IT mastery, procurement in focus was not maximized, the human sources of IT was not 100% and complexity of the assessment. 3) the effors undertaken by teachers to management overcome the 2013 curriculum were; students’ guiding implementation, teachers who read books a lot, technical arrangements in assessing student attitudes and skills, establishing interaction and cooperation with parents, sharing with teachers, learning IT, fostering inner spirit. While the efforts made by madrasah principal were; fast and clear assignment of tasks, workshop, involving teachers in training, supporting teachers to learn IT, motivating teachers to become human learners, madrasah principal spirit carried on madrasah development both in terms of human resources and facilities.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 29 Apr 2019 06:25
Last Modified: 29 Apr 2019 06:25
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item View Item