Lestari, Dian Putri (2015) Kurikulum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (36kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam memberikan pendidikan, agar materi yang disampaikan oleh guru dapat dipahami oleh murid atau melekat pada diri murid, maka guru dituntut untuk memperhatikan kurikulum mata pelajaran pendidikan agama islam.
Rumusan masalah penelitian kurikulum mata pelajaran pendidikan agama islam: 1) Bagaimana alokasi waktu mata pelajaran PAI, Fiqih, Qur`an Hadits, dan Aqidah Ahklak di SMP Muhammadiyah Palangka Raya?; 2)Bagaimana silabus mata pelajaran PAI, Fiqih, Qur`an Hadits, dan Aqidah Ahklak?; 3)Mengapa di samping mata pelajaran PAI ada mata pelajaran Fiqih, Qur`an hadits, Bahasa Arab, dan Aqidah akhlak? Tujuan penelitian: a) untuk mengetahui alokasi waktu mata pelajaran PAI, Fiqih, Qur`an Hadits, dan Aqidah Ahklak; b) Mengetahui silabus mata pelajaran PAI, Fiqih, Qur`an Hadits, dan Aqidah Ahklak; c) mengetahui alasan adanya mata pelajaran Fiqih, Qur`an hadist, dan Aqidah akhlak.
Subjek penilitian kurikulum mata pelajaran pendidikan agama islam: guru mata pelajaran pendidikan agama islam: observasi, wawancara dan dokumentasi. Pendekatan penelitian: kualitatif deskriftif dan pengabsahan data menggunakan teknik trianggulasi.
Hasil penelitian kurikulum mata pelajaran pendidikan agama islam: (1)Alokasi waktu mata pelajaran PAI, Fiqih, Qur`an Hadits, dan Aqidah Akhlak ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian kompetensi dasar dan beban belajar tiap mata pelajaran PAI dalam seminggu 2 jam pelajaran yaitu 80 menit dan untuk pelajaran fiqih 3 jam pelajaran dalam seminggu di kelas IX.(2)Silabus yang digunakan sudah ada dimasing-masing buku mata pelajaran agama yang memuat kompetensi dasar, materi pokok kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.(3)Alasan adanya mata pelajaran Fiqih, Qur`an Hadits, dan Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah Palangka Raya secara keseluruhan karena guru menginginkan kepada siswa tidak hanya untuk mendalami pelajaran umum saja, tetapi juga menginginkan siswa mendalami pendidikan agama, oleh karena itu sekolah memberikan mata pelajaran ekstra kepada siswa seperti mata pelajaran Fiqih, Qur`an Hadits, dan Aqidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: kurikulum; Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 06:35 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 06:35 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/139 |
Actions (login required)
View Item |