Hariyanti, Hariyanti (2018) Praktik bisnis mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam di institut agam islam negeri (IAIN) Palangkaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Hariyanti - 1402120306.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari kreativitas mahasiswa untuk mencari pendapatan, dengan melakukan praktik bisnis di kampus. Tujuan penelitian ini yaitu, 1) untuk mengetahui praktik bisnis yang dijalankan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya. 2) untuk mengetahui dampak dari praktik bisnis yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun Subjek penelitian ini menggunakan tehnik purposive sampling yang berjumlah enam orang mahasiswa dan informan yaitu tiga orang dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Praktik bisnis yang dijalankan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, dilatarbelakangi oleh tuntutan kebutuhan, tujuan untuk meringankan beban orang tua dalam membiayai pendidikan mereka, meningkatkan kreativitas dibidang bisnis dan menambah pengalaman. Sedangkan produk yang di pasarkan yaitu aneka makanan, minuman dan produk pakaian yang dipasarkan secara online. 2) Dampak dari Praktik bisnis yang dijalankan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya memiliki dua nilai yaitu, positif dan negatif.
ABSTRACT
The background of this research is from the creativity of students to make income, through business practice at campus. The purpose of this research are, 1) To know the business practice applied by the students of Economic and Islamic Business Faculty at State Islamic Institute of Religion Palangka Raya. 2) To know the effect of business practice applied by the students Economic and Islamic Business Faculty at State Islamic Institute of Religion Palangka Raya.
The kind of this research was qualitative and used qualitative descriptive approach. This research used snowball technique and the subject were six students and the informant three lecturers from Economic and Islamic Business Faculty. The data collection technique used observation, interview and documentation.
The result of this research shows that 1) The background of business practice applied by the students of Economic and Islamic Business Faculty at State Islamic Institute of Religion Palangka Raya were their needs, to lighten their study cost, increase the creativity at business and increase their experiences. The products that sell were foods, beverages and clothing that marketed by online. 2) The effect from this business practice applied by the students Economic and Islamic Business Faculty at State Islamic Institute of Religion Palangka Raya were two effects, the first one was positive effect and the last negative effect.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bisnis |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 02:26 |
Last Modified: | 26 Feb 2019 02:26 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1353 |
Actions (login required)
View Item |