Kemampuan guru PAI dalam penyusunan silabus dan RPP di SMPN-1 Sebangau Kuala kabupaten Pulang Pisau

Mujaeni, Achmad (2013) Kemampuan guru PAI dalam penyusunan silabus dan RPP di SMPN-1 Sebangau Kuala kabupaten Pulang Pisau. Undergraduate thesis, STAIN Palangka Raya.

[img] Text
Abstrak (AM).pdf

Download (93kB)
[img] Text
Bab 1. Pendahuluan (AM).pdf

Download (24kB)
[img] Text
Bab 2. Kajian Pustaka (AM).pdf

Download (146kB)
[img] Text
Bab 3. Metode Penelitian (AM).pdf

Download (181kB)
[img] Text
Bab 4. Hasil Penelitian (AM).pdf

Download (224kB)
[img] Text
Bab 5. Penutup (AM).pdf

Download (22kB)

Abstract

Guru adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pendidikan di sekolah, baik pendidikan Agama ataupun pendidikan umum, karena di sekolah anak-anak banyak belajar, dan di sekolah merupakan tanggungjawab seorang guru dalam mendidik untuk menjadi seorang anak yang berpendidikan. Untuk mencapai semua itu tentunya guru mempunyai kemampuan dalam merencanakan pembelajaran sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran dapat tercapai, seperti menyusun silabus dan rencana pelaksanan pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana kemampuan guru PAI dalam penyusunan Silabus di SMPN-1 Sebangau Kuala Kabupaten Pulang Pisau, (2) Bagaimana kemampuan guru PAI dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMPN-1 Sebangau Kuala Kabupaten Pulang Pisau. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan guru PAI dalam penyusunan Silabus, (2) Mendeskripsikan kemampuan guru PAI dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMPN-1 Sebangau Kuala Kabupaten Pulang Pisau.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMPN-1 Sebangau Kuala Kabupaten Pulang Pisau. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru PAI, sedangkan kepala sekolah dan wakasek kurikulum sebagai informan. Teknik penggalian data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. pengabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, kemampuan guru PAI dalam penyusunan Silabus di SMPN-1 Sebangau Kuala Kabupaten Pulang Pisau kurang mampu dengan persentase 60,5%, karena dari Sembilan komponen silabus dalam penyusunannya tidak dilalukan secara mandiri tetapi mengadopsi dari sumber-sumber lain. Kedua, Kemampuan guru PAI dalam penyusunan Rencana Pelaksana Pembelajaran kurang mampu dengan persentase 51,86% dam belum dapat dikatakan mampu karena dalam penyusunan RPP tidak dilakukan secara mandiri tetapi mengadopsi dari sumber-sumber lain.

English
Teachers are responsible for education in schools, both religious education and general education, because at school the kids learn a lot, and in the schools is the responsibility of a teacher to educate a child to be educated. To achieve all that teachers must have the ability to plan lessons so that what the learning objectives can be achieved, such as preparing a syllabus and lesson plan. The problem in this study are (1). How does the PAI teacher’s ability in the preparation of Syllabus, (2) How does the ability of PAI teacher in preparing lesson plan in the SMP-1 Sebangau Kuala in Pulang Pisau Regency. The purpose of this study are (1) to describe the ability of teachers in the preparation of PAI Syllabus, (2) to describe the ability of PAI teacher in preparing lesson plan in the SMP-1 Sebangau Kuala in Pulang Pisau Regency. This research approach is qualitative aproach that produces descriptive data. This research was conducted in the SMP-1 Sebangau Kuala Pulang Pisau Regency. Subjects in this study is one PAI teacher. while the principals and vice principal curriculum as informants. Techniques collecting data by using interview techniques and documentation. Data validation is done by triangulation techniques. Data analysis was done by data collection, data reduction, data display and conclusion drawing. The results of this study indicated: First, the ability of the teacher in the preparation of PAI-1 in the SMP syllabus Sebangau Kuala in Pulang Pisau Regency. less able with the percentage 60.5%, because of the nine components of the syllabus in preparation dilalukan not yet adopted independently from other sources, The ability of teachers in the preparation of PAI Learning Implementation Plan disadvantaged by 51.86% and the percentage can not be said to be able to have in the preparation of lesson plans are not made independently but adopted from other sources

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 25 Feb 2019 04:20
Last Modified: 25 Feb 2019 04:20
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1349

Actions (login required)

View Item View Item