Kompetensi pedagogik guru pai di sman sekota palangka raya (studi pada alumni program studi pai)

Ningrum, Fitri Fuji (2018) Kompetensi pedagogik guru pai di sman sekota palangka raya (studi pada alumni program studi pai). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Fitri Fuji Ningrum - 1401111854.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru memegang peran utama dalam pembangunan pendidikan. Guru sangat berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Dalam mengajar seorang guru harus memiliki kompetensi salah satunya kompetensi pedagogik, dengan memiliki kompetensi pedagogik guru dapat digunakan untuk memahami peserta didik dengan baik dan mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif sehingga hasil belajar siswa berada pada tingkat optimal.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru PAI di SMAN se Kota Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan metode survey. Adapun yang menjadi subyek adalah 9 orang guru yang berstatus PNS dan sebagai alumni Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari di Palangka Raya dan STAIN Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui perhitungan persentase skor item pada setiap jawaban dari setiap pernyataan dalam angket, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa10 kompetensi pedagogik menurut Permendiknas No. 16 Th. 2007, antara lain menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, mengembangkan kurikulum, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, menfasilitasi pengembangan potensi peserta didik, berkomunikasi dengan peserta didik, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran, menyatakan bahwa guru PAI di SMAN se kota Palangka Raya sudah melaksanakannya dengan baik.

ABSTRACT

The teachers hold a major role in education development. Teachers were influential in the creation of quality education processes and outcomes. In the teaching a teacher must have the competence one of the pedagogic competencies, by having the pedagogic competence of the teacher can be used to understand students well and be able to create a conducive learning environment that the students learning outcomes are at an optimal level. This study was aimed to describe the pedagogic competencies possessed by PAI teachers in SMAN throughout the City of Palangka Raya.
This study used a descriptive quantitative approach, with survey method. The subject matter were 9 teachers who civil servants and as alumni of the IAIN Antasari Tarbiyah Faculty in Palangka Raya and Palangka Raya STAIN. Data collection techniques used questionnaire, observation, interview and documentation. Data analysis through calculated the percentage of item scores on each answer from each statement in the questionnaire, presenting data and drawing conclusions.
The results of this study indicated that 10 pedagogic competencies according to Minister of National Education Regulation No. 16 Th. 2007, among others, mastering the characteristics of the students, mastering learning theories and learning principles that educate, develop curriculum, organize educating learning, utilize information and communication technology, facilitate the development of potential the students, communicate with the students, conducted assessment and process evaluation and learning outcomes, holding assessments and evaluations for the sake of learning, doing reflective actions to improve the quality of learning, stating that PAI teachers in SMAN throughout the city of Palangka Raya have implemented it well.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pedagogik; Guru; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 19 Feb 2019 03:36
Last Modified: 19 Feb 2019 03:36
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item