Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement division(STAD) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi puasa kelas VIII MTS Darul Ulum Palangka Raya

Atmayanti, Desi (2015) Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement division(STAD) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih materi puasa kelas VIII MTS Darul Ulum Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi-eksperimen dalam mencari tahu jawaban dari masalah penelitian. Ada dua kelas yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas VIII-A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa adalah 50 siswa. Kedua kelompok diberi pre-test sebelum diberikan perlakuan. Kemudian, siswa dari kelompok eksperimen diajarkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Akhirnya, peneliti memberikan post-test untuk kedua kelompok.

Untuk menguji hipotesis penelitian, peneliti menggunakan perhitungan statistik t-test. Berdasarkan hasil pengujian uji hipotesis, diketahui bahwa nilai t- hitung lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1% dan tingkat signifikan 5% atau
2,021 < 8.860 > 2,704. Ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Peneliti juga menggunakan program SPSS 21.0 untuk menghitung t-test dalam pengujian hipotesis penelitian. Hasil perhitungan t-test dengan menggunakan program SPSS
21.0 digunakan untuk mendukung perhitungan manual dari t-test. Interpretasi dari hasil t-test menggunakan program SPSS 21.0, ditemukan bahwa nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1% dan tingkat signifikan 5% atau 2,021 <
8.784 > 2,704. Ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Temuan dari penelitian yang didasarkan pada hasil perhitungan manual dan SPSS 21.0 program ini dapat diartikan bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Palangka Raya adalah diterima dan hipotesis nihil yang menyatakan bahwa pembelajaran kooperatif tipe student teams achivement division (STAD) tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Palangka Raya adalah ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pembelajaran kooperatif; Student Teams Achievement Division (STAD); prestasi belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 31 Aug 2016 01:21
Last Modified: 31 Aug 2016 01:21
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item