Fakhruzzaman, Fakhruzzaman (2018) Sistem mato dalam manajamen rumah makan padang sederhana di kota palangka raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Fakhruzzaman - 1302120275.pdf Download (6MB) |
Abstract
Rumah makan Padang Sederhana di KotaPalangka Rayatelah diatur manajemennya mengikuti rumah makan Padang Sederhana yang ada dipusat (Jakarta). Pada tahun 2013, PT. Sederhana Abadanmitra didirikan untuk mengelola cabang-cabang rumah makan Sederhana. Mulai dari sistem penggajian, karyawan dan bahan bakunya (bumbu). Dalam praktiknya rumah makan Padang Sederhana menggunakan sistem yang unik yaitu sistem mato. Maka berdasarkan hal tersebut untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana latar belakang munculnya sistem mato dan penerapannya perlu dikaji secara lebih mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Bagaimana Latar belakang munculnya sistem mato dalam manajemen rumah makan Padang Sederhana di Kota Palangka Raya? (2) Bagaimana penerapan sistem matodalam manajemen rumah makan Padang Sederhana di kota Palangka Raya?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah pemilik rumah makan dan karyawan. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang diabsahkan melalui teknik triangulasi data dan kemudian dianalisis melalui tahapan collections, reduction, display dan verification.
Adapun hasil penelitian peneliti temukan petama, munculnya dilatar belakangi oleh adanya ketidakadilan dalam pembagian hasil untuk karyawan rumah makan Padang Sederhana. Setelah adanya sistem mato menimbulkan semangat dan gairah kerja bagi karyawan, karena penggunaan sistem matotidak lepas dari ajaran Islam berupa sidiq, amanah, fathonah dan tabligh. Kedua, Penerapan sistem matodalam manajemen rumah makan Padang Sederhana di Kota Palangka Raya adalah dengan menerapkan porsi bagi hasil antara pemilk rumah makan dengan karyawan. Pola bagi hasil berdasarkan kesepakatan yaitu 40%:45% dan 15% diberikan ke pihak PT.Sederhana Abadanmitra sebagai penggunaan merek S.A (Sederhana) sejak didirikannya pada tahun 2006-2016 dan tahun 2017 rumah makan Padang Sederhana Kota Palangka Raya memisahkan diri dengan tidak mengikuti aturan dari pihak PT.Sederhana Abadanmitra dan tetap menggunakan sistem matodan merek S.A (Sederhana).
ABSTRACT
The Padang Sederhana restaurant Palangka Raya city has arranged its management following the Sederhana Padang restaurant in the center. In 2013, PT. Sederhana Abadanmitra was established to manage the branches of the Sederhana Restaurant. Starting from the payroll system, employees and raw materials (spices).In practice Padang Sederhana restaurant uses a unique system that is mato system. So based on that to know more about how the background emergence of mato system and its application need to be studied in more depth. This study aims to know and analyze (1) How the background of the appears themato system in the management of Padang Sederhana restaurant in the city of Palangkaraya? (2) How is the application of mato system in Padang Sederhana restaurant management in Palangka Raya?
This research use descriptive qualitative approach and type of content research is field research. The subject of this research is the restaurant owner and employees. The data were collected by observation, interview and documentation technique which were validated by data triangulation technique and then were analyzed by collections, reduction, display, and verification stages.
The results of the research found first, the emergence of the background by the existence of injustice in the distribution of proceeds for employees of Padang Sederhana restaurant. After the existence of the mato system raises the spirit and passion for employees, because the use of mato system can not be separated from the teachings of Islam aresidiq, amanah, fathonah and tabligh. Second, implementation of mato system in Padang Sederhana restaurant management in Palangka Raya City is to apply the share of profit sharing between restaurant elite with employees. The profit sharing arrangement based on the agreement is 40%: 45% and 15% is given to PT.Sederhana Abadanmitra as the use of the S.A (Sederhana) brand since its establishment in 2006-2016. In 2017 the Padang Sederhana Palangka Raya city separated itself by not following rules from PT.Sederhana Abadanmitra and keep using mato system and brand S.A (Sederhana).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen ; Sistem Mato |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 13 Feb 2019 03:20 |
Last Modified: | 13 Feb 2019 03:20 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1334 |
Actions (login required)
View Item |