Pengembangan penuntun praktikum biologi dengan inkuiri terbimbing berbantu teka teki silang materi hewan vertebrata kelas x sman-2 kuala pembuang

Safiti, Eka (2018) Pengembangan penuntun praktikum biologi dengan inkuiri terbimbing berbantu teka teki silang materi hewan vertebrata kelas x sman-2 kuala pembuang. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Eka Safitri - 1401140394.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tidak adanya penunjang buku penuntun praktikum biologi sebagai pendamping untuk melakukan kegiatan praktikum pada materi hewan vertebrata. Hal ini menyebabkan peserta didik tidak aktif dan kurang mengajarkan peserta didik dalam menemukan pengetahuannya sendiri melalui kerja ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan penuntun praktikum biologi, untuk mengetahui hasil belajar psikomotor peserta didik setelah menggunakan penuntun praktikum dan untuk mengetahui tanggapan guru dan peserta didik terhadap pengembangan penuntun praktikum biologi dengan inkuiri terbimbing berbantu teka teki silang materi hewan vertebrata kelas X SMAN 2 Kuala Pembuang.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Instrumen yang digunakan berupa angket para ahli, angket respon guru dan peserta didik. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan mengumpulkan data kualitatif dari setiap validator, guru dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan penuntun praktikum biologi dengan inkuiri terbimbing berbantu teka teki silang kriteria yang didapat adalah sangat baik. Dengan nilai validasi persentase 77,54%, nilai kepraktisan dengan dengan persentase 92,5%. Hasil psikomotor peserta didik mendapatkan kriteria sangat baik, dengan persentase 84,52%. Respon guru dan peserta didik mendapatkan kriteria sangat layak , dengan persentase 92,5% dan 83,45%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum biologi dengan inkuiri terbimbing berbantu teka teki silang yang dikembangkan layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran biologi.

ABSTRAK

The problem in this study is the absence of supporting biology practice book guide as a companion for practicum activities in the material of vertebrate animals. This causes students to be inactive and not to teach students to find their own knowledge through scientific work. This study aims to determine the validity and practicality of biology practicum guides, to find out the psycomotor learning outcomes of students after using a practicum guide and to find out of responses of teachers and students to the development of biology practicum guides with guided inquiry assisting crossword material in class X of SMAN 2 Kuala Pembuang.
This type of research is Research and Development (R&D). The instruments used in the form of questionnaires were experts, questionnaires to the responses of teachers and students. Furthermore, the data obtained were analyzed by collecting qualitative data from each validator, teacher and students.
The results showed that the development og biology practical guides with assisted guided inquiry crossword puzzles the criteria obtained were very good. With a validation value of 77,54%, practically with a percentage of 92,5%. Psychomotor results of students get very good criteria, with a persentage of 84,52%. Teacher responses and students get very decent criteria, with a persentage pg 92,5% and 83,45%. So it can be concluded that the biological practicum guide with crossword assisted guided inquiry developed is suitable to used as a support for biology learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penuntun Praktikum; Hewan Vertebrata
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060809 Vertebrate Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 08 Feb 2019 03:08
Last Modified: 08 Feb 2019 03:08
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item