Perbandingan hasil belajar pendidikan agama islam antara anak petani dan pedagang di SDN-2 tumbang sanamang kecamatan katingan hulu kabupaten katingan

Pertiwi, Dwihana (2018) Perbandingan hasil belajar pendidikan agama islam antara anak petani dan pedagang di SDN-2 tumbang sanamang kecamatan katingan hulu kabupaten katingan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (921kB)
[img] Text
Isi Skripsi Dwihana Pertiwi - 1101111578.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk : (1) Mendeskripsikan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa anak petani, (2) Mendeskripsikan hasil belajar mata pelajaran PAI siswa anak pedagang, dan (3) Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar mata pelajaran PAI antara anak petani dan pedagang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian comparative (perbandingan). Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV, V dan VI SDN- 2 Tumbang Sanamang Kecamatan Katingan Hulu Kabupaten Katingan dengan jumlah 69 siswa, yang terdiri dari 31 anak petani dan 38 anak pedagang. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Hasil belajar mata pelajaran PAI anak petani pada kelas IV, V dan VI SDN- 2 Tumbang Sanamang Kecamatan Katingan Hulu Kabupaten Katingan diperoleh mean (rata-rata) 71,45 berada pada kriteria Baik (2) Sedangkan hasil belajar mata pelajaran PAI anak pedagang kelas IV, V dan VI SDN- 2 Tumbang Sanamang Kecamatan Katingan Hulu Kabupaten Katingan diperoleh mean (rata-rata) 75,65 berada pada kriteria Baik. (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar anak pedagang dan petani di SDN-2 Tumbang Sanamang kelas 4,5 dan 6 hal ini ditunjukkan dengan thitumg < table.

ABSTRACT

The purpose of this research are : (1) To describe the learning outcomes Islamic Education course from the farmer’s child, (2) To describe the learning outcomes Islamic Education course from the trader’s child, and (3) To know the comparison learning outcomes of Islamic Education between farmer’s child and trader’s child.
This research used quantitative method with kind of research was comparative. The population in this research was all students in class IV, V and VI SDN-2 Tumbang Sanamang Katingan Hulu Subdistrict Katingan Regency with total 69 students which consisted by 31 farmer’s children and 38 trader’s children. The data collection technique used documentation and observation. The analyze data used analyze statistic with t-test formula.
The result of this research shows that : (1) Learning outcome of Islamic Education course from farmer’s child in class IV, V and VI at SDN-2 Tumbang Sanamang Katingan Hulu subdistrict Katingan regency with average 71,45 and categorized as good, (2) While learning outcome of Islamic Education course from trader’s child in class IV, V and VI at SDN-2 Tumbang Sanamang Katingan Hulu subdistrict Katingan regency with average 75,65 categorized as good. (3) There is no significance different learning outcome between farmer’s child and trader’s child at SDN-2 Tumbang Sanamang in class IV, V and VI, this can be see with this tobserve < ttable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:32
Last Modified: 07 Feb 2019 07:34
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1324

Actions (login required)

View Item View Item