Pengaruh model pembelajaran kontekstual dengan media video terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar peserta didik materi virus kelas x-ipa Ma Darul Ulum Palangka Raya

Sari, Dewi Indah Mutiara (2018) Pengaruh model pembelajaran kontekstual dengan media video terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar peserta didik materi virus kelas x-ipa Ma Darul Ulum Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Dwi Indah Mutiara Sari - 1401140378.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari nilai prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, peserta didik cendrung hanya mencatat serta mendengarkan dari penjelasan guru sehingga konsep yang diperoleh peserta didik tidak tertanam dalam ingatan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kontekstual dengan media video terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar peserta didik materi virus, untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh model pembelajaran kontekstual dengan media video terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar peserta didik materi virus, untuk mendeskripsikan keterterapan model pembelajaran kontekstual dengan media video terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar peserta didik materi virus kelas X-IPA MA Darul Ulum Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar, lembar observasi kemampuan berpikir kritis, dan lembar pengamatan keterterapan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual dengan media video terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar peserta didik (2) Pengaruh model pembelajaran kontekstual dengan media video, memiliki perbedaan presentase yang tinggi antara kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan presentase pembelajaran kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional (3) Aktivitas guru dalam pada pembelajaran kontekstual termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai presentase sebesar 89,71%.

ABSTRACT

This study is based on the value of learning achievement and students 'critical thinking skills, and learning activities are still teacher-centered, students tend to only record and listen from the teacher's explanation so that the concepts obtained by students are not embedded in students' memories. This study aims to determine the effect of contextual learning models on critical thinking skills and learning achievement, to describe the effect of contextual learning models on critical thinking skills and student learning achievement, to describe the applicability of the contextual learning model.
This research is a quantitative research with the design of the Pretest-Posttest Control Group Design research. The instruments used are tests of critical thinking skills and learning achievement, critical thinking ability observation sheets, and learning achievement observation sheets. The sample chosen was class X-IPA A totaling 20 people as an expectant class and class XI-IPA B numbered 20 people for the control class.
The results showed that: (1) There was the influence of the use of contextual learning models with video media on critical thinking skills and student learning achievement (2) Effect of contextual learning models with video media, having a high percentage difference between experimental classes using contextual learning models the percentage of control class learning uses conventional learning models (3) the teacher's activities in contextual learning are included in the excellent category with a percentage value of 89.71%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Virus
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060506 Virology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 07 Feb 2019 06:58
Last Modified: 07 Feb 2019 06:58
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1323

Actions (login required)

View Item View Item