Pengaruh penggunaan internet terhadap aktivitas belajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya

Yuly, Yuly (2017) Pengaruh penggunaan internet terhadap aktivitas belajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Yuly - 1021111757.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa penggunaan internet di kalangan mahasiswa Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan tahun angkatan 2015/2016 IAIN Palangka Raya mengetahui bagaimana pola hubungan penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap aktifitas belajar mereka. Dengan mengukur seberapa besar pengaruh penggunaan internet terhadap aktifitas belajar. Dengan mengangkat permasalahan : 1) bagaimana penggunaan internet di kalangan mahasiswa Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan tahun angkatan 2015/2016 IAIN Palangka Raya? 2 apakah ada pengaruh antara penggunaan internet terhadap aktifitas belajar di kalangan mahasiswa Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan tahun angkatan 2015/2016 IAIN Palangka Raya?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang berlokasi penelitian di IAIN Palangka Raya. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Tahun Angkatan 2015/2016 yang berjumlah 123 orang dan sampel penelitian ini sebanyak 20% yang menggunakan teknik random sampling yaitu berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket penggunaan internet dan aktifitas belajar serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji normalitas dan uji koefisien korelasi.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Tingkat penggunaan internet di kalangan mahasiswa Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan tahun angkatan 2015/2016 yaitu kategori sangat tinggi sebesar 8%, kategori tinggi sebesar 20%, kategori cukup tinggi sebesar 32%, kategori sedang sebesar 40% dan tidak ada mahasiswa belum menggunakan fasilitas internet. Adapun tujuan penggunaan internet pada kategori tinggi sebesar 8%, kategori cukup tinggi sebesar 12%, kategori sedang 48%, kategori rendah sebesar 24% dan kategori sangar rendah sebesar 8%. Sedangkan penggunaan internet sebagai sumber belajar diketahui sebesar 8% pada kategori sangat tinggi, sebesar 8%pada kategori tinggi, sebesar 72% cukup tinggi, sebesar 4% pada kategori sedang, sebesar 4% pada kategori rendah dan sebesar 4% pada kategori sangat rendah. 2) Berdasarkan perhitungan uji korelasi product moment di kalangan mahasiswa Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan tahun angkatan 2015/2016 maka diketahui bahwa rhitung sebesar 0.735 pada taraf 5% = 0,413 pada taraf 1% = 0,526 dengan demikian diketahui bahwa variabel X (penggunaan internet) dan variabel Y (aktifitas belajar) terdapat korelasi yang tinggi atau kuat. maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh antara penggunaan internet terhadap aktifitas belajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya Tahun Angkat 2015/2016

ABSTRACT

The research is conducted to know what the internet use influences the students of 2015/2016 majoring in Tarbiyah of Tarbiyah and Teacher Training, Faculty IAIN Palangka Raya, how the pattern of the relation is between the Internet use as the source of learning and their learning activity. Measuring how great the influence of Internet use on the learning activity, the formulations of the problem are (1) how is the internet use of the students of 2015/2016 majoring in Tarbiyah of Tarbiyah and Teacher Training Facility IAIN Palangka Raya? (2) Is there any effect of the Internet use on the learning activity of the students majoring in Tarbiyah of Tarbiyah and Teacher Training Faculty IAIN Palangka Raya?
The research is quantitative descriptive research located in IAIN Palangka Raya. The population of the research is 123 students of 2015/2016 majoring in Tarbiyah of Tarbiyah and Teacher Training Faculty IAIN Palangka Raya and the sample of the research is 20% using random sampling technique, 25 students. The instruments are a questionnaire of internet use and the learning activity as well as documentation. The technique of data analysis used the validity test, the reliability instrument, the normality test and correlation coefficient test.
The result of the research shows that (1) the rate of internet use of the students of 2015/2016 majoring in Tarbiyah of Tarbiyah and Teacher Training Faculty IAIN Palangka Raya is categorized as very high (8%), high (20%), fairly high (32%), medium (40%), and no student has never used the internet yet. The purpose of Internet use is categorized as high (8%), fairly high (12%), medium (48%), low (24%), and very low (8%), while the internet use as the source of learning is categorized as very high (8%), high (8%), fairly high (72%), medium (4%), low (4%), and very low (4%), and (2) based on the count of product-moment correlation test to the students of 2015/2016 majoring in Tarbiyah of Tarbiyah and Teacher Training Faculty IAIN Palangka Raya, it is known that
rcount is 0.735 for level 5% = 0.413 and level 1% = 0.526, so it is concluded that there is high or strong correlation between the X variable (the internet use) and the Y variable (the learning activity), and therefore Ha is accepted which means there is the influence of the internet use on the students of 2015/2016 majoring in Tarbiyah of Tarbiyah and Teacher Training Faculty IAIN Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh penggunaan internet
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 12 Nov 2018 07:19
Last Modified: 12 Nov 2018 07:19
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item View Item