Pola asuh demokratis dalam pendidikan keislaman di Panti Asuhan Nurussholihin Palangka Raya

A'in, Uliffatul Khurun (2017) Pola asuh demokratis dalam pendidikan keislaman di Panti Asuhan Nurussholihin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Uliffatul Khurun A'in - 1301111793.pdf

Download (1MB)

Abstract

Panti asuhan Nurussholihin sekarang ini memiliki banyak anak asuh, diantaranya adalah anak asuh yang terlantar, yatim piatu, dan tidak mampu. Semua pengurus yayasan dalam mendidik anak asuh ini tentu saja harus secara optimal, sehingga perlu memberikan pendidikan terhadap anak asuh tersebut untuk melaksanakan ibadah, aqidah dan ahlaknya dengan baik. Tentu saja dengan cara menerapkan pola asuh yang tepat, Sehingga hal tersebut menjadi menarik untik diteliti lebih lanjut.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagimana pelaksanaan pendidikan keislaman di panti asuhan Nurussholihin Palangka Raya? (2) Bagaiman pola asuh yang demokratis di panti asuhan Nurussholihin Palangka Raya? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan keislaman di panti asuhan Nurussholihin Palangka Raya? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pendidikan keislaman di Panti Asuhan Nurussholihin Palangka Raya. (2) Untuk mengetahui penerapan pola asuh di Panti Asuhan Nurussholihin Palangka Raya.(3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan keislaman di Panti Asuhan Nurussholihin Palangka Raya.
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan mengambil tempat penelitian di panti asuahan Nurussholihin Palangka Raya. Subjek dalam penelitian ini kepala pengasuh panti asuhan Nurussholihin Palangka Raya yang berjumlah satu orang adapun anak asuh sebagai informan. Dalam mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pendidikan keislaman di panti asuhan Nurussholihin dibagi menjadi tiga bidang yaitu pendidikan baca tulis Al-Qur’an, pendidikan keislaman tentang ketauhidan dan pendidikan keislaman tentang ibadah, yang dilaksanakan setelah sholat lima waktu (2) Panti asuhan Nurussholihin merupakan salah satu panti yang mengasuh, dan mendidik dengan pola asuh yang demokratis dalam kegiatan sehari-hari seperti makan, mandi dan bergaul, dalam pendidikan keislaman anak dididik dengan pola asuh yang demokratis seperti anak bebas berpendapat, bebas memilih teman sekelompok, dan anak patuh dengan sewajarnya (3) Faktor pendukung dan penghamabat dalam pendidikan keislaman di panti asuhan Nurussholihin Palangka Raya adalah tersedianya media elektronik yang mendukung proses pendidikan keislaman, dan faktor penghambatnya adalah kondisi anak asuh yang berbeda-beda, dan tidak tersedianya ruangan khusus sehingga pendidikan keislaman yang disampaikan tidak berjalan secara optimal.

ABSTRACK

Nurussholihin Orphanage Today it has many foster children, including abandoned foster children, orphans, and can not afford. All the board of the foundation in educating this foster child must of course be optimal, so need to provide education to foster children to perform the worship, aqidah and morals well. Of course, by applying proper parenting, so it becomes interesting to be investigated further.
The issues raised in this title are: (1) How is the implementation of Islamic education at Nurussholihin orphanage of Palangka Raya? (2) How is the application of democratic parenting at the Nurus sholihin orphanage of Palangka Raya? (3) what are the supporting and inhibiting factors in Islamic education at Nurussholihin orphanage of Palangka Raya?. The purpose of this study are (1) To know the Islamic education at Nurussholihin Orphanage of Palangka Raya. (2) To know the application of parenting at Nurussholihin Orphanage of Palangka Raya (3) To know the supporting and inhibiting factors in Islamic education at Nurussholihin Orphanage of Palangka Raya.
This research was conducted for 2 months using descriptive qualitative approach, by taking the research place at Nurussholihin orphanage of Palangka Raya. Subjects in this study caregivers Nurussholihin Orphanage of Palangka Raya who amounted to one person as a foster child as an informant. In collecting data using interview techniques, observation and documentation.
The results of this study show: (1) traditionally delivered Islamic education, in the field of reading and writing Al-Qur'an, Islamic education about ketauhidan and Islamic education about worship, (2) the adoption of democratic parenting in Islamic education in Nurussholihin Palangka Raya is: democratic parenting that can be accepted by children because the democratic parenting involves children in reaching a decision to make children more independent in worship, aqidah and morals. (3) supporting factor and penghamabat in Islamic education in Nurussholihin Palangkaraya is the availability of electronic media supporting the process of Islamic education, and the inhibiting factors are the condition of different foster children, questioning methods that are not maximal, and not available his special room so that the delivered Islamic education does not run optimally.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keislaman; Panti Asuhan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:19
Last Modified: 30 Oct 2018 02:19
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1248

Actions (login required)

View Item View Item