kemampuan baca tulis Al-Qur’an Alumni Sekolah Dasar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VII Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya

Asmuri, Toni (2017) kemampuan baca tulis Al-Qur’an Alumni Sekolah Dasar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VII Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Toni Asmuri - 1001111459.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dalam skripsi ini berawal dari kurang materi pendidikan agama di Sekolah Dasar (SD) dibanding di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Sedangkan pendidikan agama sangatlah utama. Bagi orang tua pendidikan agama menjadi kewajiban menanamkan kepada anak sebagai wujud tanggung jawab di akhirat. Salah satu pendidikan agama tersebut adalah pengetahuan dan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis al-Qur'an. Terkait dengan 2 masalah ini peneliti tertarik mengkaji tentang “Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Alumni Sekolah Dasar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kelas VII Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII alumni SD di MTs. Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya? 2) Bagaimana kemampuan menulis al-Qur’an siswa kelas VII alumni SD di MTs. Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya? dengan tujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VII alumni SD di MTs. Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya, 2). Untuk Mendeskripsikan kemampuan menulis al-Qur’an siswa kelas VII alumni SD di MTs. Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya.
Metodologi penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan statistik sederhana, tempat penelitian dilakukan di MTs Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 76 orang dari 3 ruang kelas, dan sampel penelitian ini yaitu siswa yang memiliki latar belakang alumni SD yang berjumlah 37. Teknik pengumpulan data tes kemampuan, dokumentasi. Teknik analisa data yaitu editing, coding, tabulating dan analyzing.
Adapun hasil penelitian ini yaitu : 1) Kemampuan membaca pada siswa kelas VII MTs Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Kota Palangka Raya yaitu 6 orang atau sebesar 16,2 % pada kategori mampu, 6 orang atau sebesar 16,2 % pada kategori cukup dan 25 orang atau sebesar 67,4 % pada kategori kurang. Dengan ini diketahui bahwa kemampuan siswa dalam membaca al-Qur'an yang memiliki latar belakang pendidikan sekolah dasar (SD) adalah kurang atau masih rendah kemampuan dalam membaca al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan dalam tajwid. 2) Kemampuan pada siswa menulis al-Qur'an atau huruf hijaiyah diketahui 6 orang atau sebesar 16,2 % pada kategori mampu, 16 orang atau sebesar 43,2 %, pada kategori cukup dan 15 orang atau sebesar 40,6 % pada kategori kurang. Dengan ini diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menulis al-Qur'an atau huruf hijaiyah yang memiliki latar belakang pendidikan sekolah dasar (SD) juga masih kurang atau rendah.

ABSTRACT

Background of this study was originated from the lack of religious education materials in Elementary School compared to Madrasah Ibtidaiyah (MI). While religious education was very important. Religious education becomes an obligation for parents to train the child as an obligation form in the afterlife. One of religious education is the knowledge and ability of reading and writing the Qur’an. Related to two problems, the researcher interested to study about “The Al-Qur’an Reading and Writing Ability of Elementary School Alumni at Grade VII MTs Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya”. The problems of this study were: 1) how is the Al-Qur’an reading ability of elementary school alumni at grade VII MTs Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya? 2) how is the Al-Qur’an writing ability of elementary alumni at grade VII MTs Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya? The aims of this study were: 1) to describe the Al-Qur’an reading ability of elementary school alumni at grade VII MTs Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya, 2) to describe the Al-Qur’an writing ability of elementary school alumni at grade VII MTs Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya.
Research method of this study was quantitative. It was used simple statistic. The location of this study was MTs Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin. The population of this study was grade VII which numbered 76 students from 3 classes, and the research sample was 37 elementary school alumni. The data collection techniques were ability test, documentation. The data analyses were editing, coding, tabulating and analyzing.
The result of this study were: 1) The Al-Qur’an Reading ability of Elementary School alumni at grade VII MTs Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangka Raya were 6 students or 16.2% was included into capable category, 6 students or 16.2% was included into medium category and 25 students or 67.4% was included into less category. It was known that the primary school educational background of the students has an influence on the reading ability of the Qur’an, namely the lack of religious materials which they recieved in public school to ability to read the Qur'an properly and correctly in accordance with the provisions in tajwid. 2) The Al-Qur’an Writing ability or hijaiyah letters were recognized by 6 students or 16.2% was included into medium category, 16 students or 43.2% was included into medium category and 15 students or 40.6% was included into less category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: membaca dan menulis Al-Qur'an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:18
Last Modified: 30 Oct 2018 02:18
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item