Rianengsih, Suti (2017) Pembelajaran shalat fardhu pada mata pelajaran PAI di Kelas III SDN Cempaka Baru Kabupaten Seruyan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Abstrak.pdf Download (623kB) |
|
Text
ISI.pdf Download (545kB) |
Abstract
Pendidikan agama Islam yang diajarkan kepada para peserta didik di sekolah tidak terlepas dari pemahaman masalah-masalah tentang keagamaan itu sendiri.Penelitian ini dilatar belakangi di kelas III dijumpai siswa terlihat antusias sekali dalam mengikuti pembelajaran. Penggunaan strategi pembelajaran pada proses pembelajaran jelas sangat penting bagi seorang guru, semua strategi tersebut berguna untuk membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan membantu dalam pemahaman siswa maupun membantu guru dalam menyampaikan materi. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi pembelajaran shalat fardhu pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas III SDN Cempaka Baru Kabupaten Seruyan.
Rumusan masalah dari penelitian ini: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran shalat fardhu pada mata pelajaran PAI di kelas III SDN Cempaka Baru. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran shalat fardhu pada mata pelajaran PAI di kelas III SDN Cempaka Baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Mendeskripsikan Perencanaan pembelajaran shalat fardhu pada mata pelajaran PAI di kelas III SDN Cempaka Baru. 2) Untuk mengetahui Pelaksanaan pembelajaran shalat fardhu pada mata pelajaran PAI di kelas III SDN Cempaka Baru.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di SDN Cempaka Baru Kabupaten Seruyan. Adapun subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran pendidikan agama islam kelas III. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti lakukan di SDN Cempaka Baru Kabupaten Seruyan tentang pembelajaran shalat fardhu mata pelajaran PAI di kelas III menunjukan bahwa: 1) Perencanaan yang dibuat guru yaitu pembuatan RPP telah sesuai berdasarkan penggunaan kurikulum KTSP, program tersebut dibuat sebelum tahun pelajaran baru sebagai bahan acuan ketika melaksanakan proses pembelajaran berlangsung dikelas. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru pendidikan Agama Islam dalam proses pembelajaran didalam kelas sudah terlaksana, saat proses pembelajaran guru telah mengikuti langkah-langkah sesuai dengan Rencana pelaksanaan pembelajaran.
ABSTARCT
Islamic religious education is taught to learners in school is inseparable from understanding the issues about religious itself. This research has been based on the event in class III. have found students look enthusiastic once in follow the instruction. The use of learning strategies in learning process is certainly very important for a teacher, all these strategies useful to help teachers in the learning process and helps in the understanding of the students as well as help teachers in delivering the materials. Therefore, researchers want to find out how learning strategies the obligatory prayers on the Islamic religious education subjects in class III SDN Cempaka Baru Seruyan Regency.
The research problem of this research: 1) How the planning of learning prayers obligatory on PAI subjects in class III SDN Cempaka Baru?. 2) How is the implementation of learning the obligatory prayers in PAI subjects in class III SDN Cempaka Baru?. The purpose of this study was to describe the: 1) Describe the planning of learning the obligatory prayers in PAI subjects in class III SDN Cempaka Baru. 2) To know the implementation of obligatory prayers on PAI subjects in class III SDN Cempaka Baru.
This research used qualitative descriptive study conducted in SDN Cempaka Baru Kabupaten Seruyan. As for the subject of this research is the teacher of Islamic religious education subjects class III. As for the data collection Techniques used in this research is the technique of observation, interviews, and documentation.
The results of this study and discussion that has researchers did in SDN Cempak Baru Kabupaten Seruyan about learning the obligatory prayers in PAI subjects in class III indicates that: 1) The plan has been created by teachers, namely the manufacture of RPP have been appropriate based on the curriculum KTSP, the program was created before the year new lessons as a reference when implementing a learning process taking place processed. 2) The implementation of the study carried out by the Islamic religious education teachers in the learning process in the classroom has been fulfilled, as the learning process of teachers has been following the steps in accordance with the plan of implementation of the learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran shalat fardhu |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 26 Oct 2018 03:35 |
Last Modified: | 26 Oct 2018 03:35 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1242 |
Actions (login required)
View Item |