Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya

Wahyudi, Sri (2017) Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ISI.pdf

Download (668kB)

Abstract

Diantara upaya umat Nabi Muhammad SAW untuk menjaga kemurnian Al-Qur’an adalah dengan menghafalnya. Banyak sekali pondok pesantren dan madrasah ikut berperan dalam hal ini yaitu dengan menerapkan program tahfizh Al-Qur’an. Salah satu pondok pesantren yang melaksanakan program tahfizh al-Qur’an adalah pondok pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya. Program yang ada di pondok pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya sudah terlaksana setiap hari dengan baik. walaupun demikian mereka masih ada beberapa yang belum memenuhi target yang ditentukan.
Penelitian ini bertolak dari masalah 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya. 2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya. 3) Upaya apa yang telah dilakukan oleh ustadz dan ustadzah dalam mengatasi hambatan pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya.
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mendeskripsikan pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya. 3) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan Ustadz dan Ustadzah dalam mengatasi hambatan pada pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian adalah dua orang ustadz pembimbing tahfizh. Sedangka yang menjadi objek adalah pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya. Untuk teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan dalam analisis data yaitu data collecien, reduction, display danconculation.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pembelajaran tahfizh Al-Qur’an di Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya yaitu dilaksanakan setiap hari dengan sistem setoran satu persatu ( sorogan ). Untuk faktor pendukung yaitu motivasi dan kesungguhan pelaksanaan program yang ada, sedangkan faktor penghambatnya adalah santri kurang bisa memanajemen waktu yang ada. Upaya ustadz dan ustadzah dalam mengatasi hambatan pembelajaran tersebut yaitu dengan memanfaatkan waktu kosong dan libur sekolah.

ABSTRACT

Among the efforts of the people of Prophet Muhammad SAW to maintain the purity of the Qur'an is to memorize it. Lots of pesantren and madrasah huts participate in this case is by implementing the program tahfizh Al-Qur'an. One of the boarding schools that implement tahfizh al-Qur'an program is the boarding school of Raudhatul Jannah Palangka Raya. The existing program at the boarding school Raudhatul Jannah Palangka Raya has been done every day well. however, there are still some who have not met the specified target.
This research is based on the problem 1) How the implementation of learning tahfizh Al-Qur'an in Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya. 2) What factors that support and inhibit in learning tahfizh Al-Qur'an in Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya. 3) What efforts have been made by ustadz and ustadzah in overcoming the obstacle of learning tahfizh Al-Qur'an in Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya.
This study aims 1) To describe learning tahfizh Al-Qur'an in Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya. 2) To describe factors supporting and inhibiting learning tahfizh Al-Qur'an in Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya. 3) To describe the efforts made by Ustadz and Ustadzah in overcoming obstacles in learning tahfizh Al-Qur'an in Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya.
This research uses descriptive method. The subject of the research is two ustadz tahfizh mentors. Sedangka that became the object is learning tahfizh Al-Qur'an in Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya. For data collection techniques through observation, interview and documentation. Stages in data analysis are data collecien, reduction, display danconculation.
The results showed that: Implementation of learning tahfizh Al-Qur'an in Pesantren Raudhatul Jannah Palangka Raya that is carried out every day with the system one by one deposit (sorogan). For the supporting factor is the motivation and seriousness of the existing program execution, while the inhibiting factor is the less able to manage santri existing time. The efforts of ustadz and ustadzah in overcoming the barriers of learning is by utilizing empty time and school holidays.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:48
Last Modified: 25 Oct 2018 03:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item View Item