Penerapan model kooperatif tipe tgt (teams games tournament) menggunakan crossword puzzle pada materi zat adiktif dan psikotropika kelas VIII di SMP IT Al Ghazali Palangkaraya Tahun Ajaran 2017/2018

Pratiwi, Siti Ade Sanggarwati (2017) Penerapan model kooperatif tipe tgt (teams games tournament) menggunakan crossword puzzle pada materi zat adiktif dan psikotropika kelas VIII di SMP IT Al Ghazali Palangkaraya Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Siti Ade Sanggarwati Pratiwi - 1301140350.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan Crossword Puzzle (Teka Teki Silang) pada materi zat adiktif dan psikotropika di kelas VIII SMP IT Al Ghazali Palangka Raya. Pokok masalahnya adalah untuk melihat bagaimana hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang digunakan pada materi zat adiktif dan psikotropika di kelas VIII SMP IT Al Ghazali Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan metode pra eksperimen dengan desain rancangan pretest dan postest. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII. Data diperoleh melalui pengamatan lembar observasi dan dengan menggunakan tes hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pengelolaan proses pembelajaran yang telah dibuat sehingga proses belajar mengajar berlangsung dengan sangat baik (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model Teams Games Tournament diperoleh nilai rata-rata sebesar 81%. Aktivitas belajar kelompok siswa dapat dikatakan terlaksana dengan baik (3) peningkatan hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata persentase pemahaman siswa pada pretes sebesar 43,89%, dan pada postes sebesar 83,75% (4) nilai rata-rata ketuntasan peserta didik sebesar 91,67% sedangkan nilai rata-rata ketidaktuntasan peserta didik sebesar 8,3% (5) respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model Teams Games Tournament siswa berpendapat merasa senang terhadap pembelajaran sebesar 100%, pendapat siswa terhadap lembar kerja siswa merasa senang sebesar 91,67% dan tidak senang sebesar 8,3%. Selama pembelajaran berlangsung siswa dapat berdiskusi dengan baik sebesar 87,5% dan tidak dapat berdiskusi dengan baik sebesar 12,5%, hal ini dikarenakan suasana belajar yang tidak tenang. Sebanyak 95,83% siswa mudah berpendapat pada pokok bahasan zat adiktif dan psikotropika dan sebesar 4,17% tidak mudah. Siswa berminat menggunakan model pembelajaran tipe TGT (Teams Games Tournament) sebesar 87,5% dan sebanyak 12,5% siswa tidak berminat.

ABSTRACT

The purpose of this research is to know study result on student who is applied learning model of teams games tournament (TGT) with crossword puzzle on addictive and psychotropic substances in class VIII junior high school IT Al Ghazali Palangka Raya. The main problem is to know the students achievement toward TGT learning model that uset in addictive and psychotropic at eighth grade SMP IT Al Ghazali Palangka Raya.
The research used quantitative approach. The research was a kind of research that used pre-experiment method with design pretest dan posttets. The subject of this research was eighth grade students. Data collected by observation sheets and students achievement test.
The result show that : (1) the management of learning processis very well. (2)the avarage of student aktivity using Teams Games Tournament model is 81%. The student group aktivity is good. (3) there is a rise on student study result wheareas the avarage of student’s understanding on pretest is 43,89% and on posttets is 83,75%. (4) the avarage of student pass the paising grade is 91,67% and 8,3% is not. (5) 100 % of the student gives a responce that they are happy learning used them games. Tournament 91,67% of student felt happy using student working sheet and 8,3% didnot. During the study,87,5% of student was able to discuss well and 12,5% of student can not discuss well, this is because the learning situation is not quiet. 95,83% of student was able to convey their iden and 4,17% cannot.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:46
Last Modified: 25 Oct 2018 02:46
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item