Pelaksanaan pembinaan keagamaan mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah Putri IAIN Palangka Raya

Estika, Rini (2017) Pelaksanaan pembinaan keagamaan mahasiswa di Ma’had Al-Jami’ah Putri IAIN Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Rini Estika - 1301111753.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari; Data keagamaan tentang hasil tes BMQ semester ganjil tahun 2015/2016, ada 196 orang mahasiswa yang mendapatkan nilai C dan ada 62 orang yang mendapat nilai D (tidak lulus) dari 443 orang mahasiswa yang mengikuti tes. (Data BMQ 2015/2016). Data hasil tes Tahfidzul Qur’an tahun 2016/2017, ada 135 orang yang dinyatakan tidak lulus dari 292 orang yang mengikuti tes. (Data Tahfidz 2016/2017). Melihat data hasil tes BMQ dan Tahfidzul Qur’an tersebut maka ditemukan ketidak sesuaian antara keadaan dengan tujuan Ma’had yang terdapat dalam pasal 5 ayat 2 yaitu mewujudkan mahasiswa yang memiliki keterampilan membaca al-Qur’an. (Tim Penyusun, 2014:4).
Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana pelaksanaan pembinaan keagamaan mahasiswa di Ma’had al-Jami’ah putri IAIN Palangka Raya? (2) Bagaimana kendala-kendala dalam pelaksanaan pembinaan keagamaan mahasiswa di Ma’had al-Jami’ah putri IAIN Palangka Raya?
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan keagamaan mahasiswa di Ma’had al-Jami’ah putri IAIN Palangka Raya (2) untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan pembinaan keagamaan mahasiswa di Ma’had al-Jami’ah putri IAIN palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menyederhanakan data yang terkumpul, dari penyederhanaan data itu dilakukan analisis kemudian ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembinaan keagamaan mahasiswa di Ma’had al-Jami’ah putri bertujuan untuk memberikan penguatan ilmu-ilmu keislaman dan sebagai pembinaan karakter, salah-satunya mahasiswa memiliki akidah yang lurus. Program pembinaan keaagmaan mahasiswa terdiri dari; BMQ, BMA, Salat Jamaah, Khatmul Qur’an, Wiridul Lathif, Kajian Islam Kontemporer, Fikih Nisa, Salat Tahajud, Yasinan dan Kultum. Metode pembinaan yang digunakan oleh pembina dan musyrifah adalah metode ceramah, tanya jawab, latihan dan pembiasaan. (2) Kendala-kendala Pembina kurang aktif dalam mengontrol setiap proses pembinaan, kurangnya minat dan perhatian mahasiswa dalam mengikuti pembinaan keagamaan, sarana dan prasarana kurang digunakan secara optimal dalam melaksanakan pembinaan. Kajian Fikih Nisa dan Kajian Islam Kontemporer tidak memiliki modul dan kurikulum yang jelas. Solusi mengatasi kendala-kendala adalah pembina dan musyrifah perlu melakukan pendekatan-pendekatan serta lebih intensif dalam mengontrol setiap proses pembinaan.

ABSTRACT

This research started from; Religious data which was the result of BMQ test in 2015/2016. There were 196 students got C scores and 62 of the students got D scores or dit not pass the test from the total of the students were 443 who have followed the test. (BMQ Data in 2015/2016). Data from tahfidzul Qur’an test in 2016/2017, there were 135 students dit not pass the test from the total of the students were 292 who have participated with the test. (Tahfidz Data 2016/217). See the data test results BMQ and Tahfidzul Qur’an is then found a mismatch between the state with the goal Ma’had contained in article 5 paragraph 2 that is to realizing students who have the skills to read al-Qur’an. (Composer Team, 2014:4).
The research problem were (1) How is the implementation of religious guidance of students in Ma'had Al-Jami'ah Putri of IAIN Palangka Raya? (2) How are the obstacles in the implementation of religious guidance of students in Ma'had al-Jami'ah Putri of IAIN Palangka Raya?
This study aimed (1) to find out the implementation of religious guidance of students in Ma'had al-Jami'ah Putri of IAIN Palangka Raya (2) to know the obstacles in the implementation of religious guidance of students in Ma'had al-Jami'ah Putri IAIN palangka Raya. This research used qualitative approach with descriptive method. Data collection was done by observation, interview and documentation. Data analysis is done by simplifying the data collected, from the simplification of the data was analyzed and then drawn conclusions. Data validity is done by triangulation of source and triangulation technique.
The results showed that (1) Implementation of religious guidance of students in Ma'had al-Jami'ah Putri aimed to give strengthening of Islamic sciences and as guidance of character, one of the students have a righteous creed. The coaching program consists of; BMQ, BMA, Salat Jamaah, Khatmul Qur'an, Wiridul Lathif, Contemporary Islamic Studies, Fikih Nisa, Salat Tahajud, Yasinan and Kultum. The method of coaching used by the builder and musyrifah were the method of lecturing, questioning, practice and habituation. (2) Constraints Coach is less active in controlling every coaching process, lack of interest and attention of students in following religious guidance, facilities and infrastructure less used optimally in conducting coaching. The Fiqh Nisa Study and Contemporary Islamic Studies do not have clear modules and curricula. Solution to overcome the constraints is the builder and musyrifah need to make approaches and more intensively in controlling every coaching process.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembinanaan keagamaan; mahasiswa asrama
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 19 Oct 2018 02:54
Last Modified: 19 Oct 2018 02:54
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item