Perbandingan hasil belajar menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dan Students Teams Achievement division pada materi animalia siswa kelas X MAN Pulang Pisau

Ramdani, Putri Zizi Gumilar (2017) Perbandingan hasil belajar menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dan Students Teams Achievement division pada materi animalia siswa kelas X MAN Pulang Pisau. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Putri Zizi Gumilar Ramdani - 1301140320.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari kesulitan siswa dalam memahami materi yang melibatkan kemampuan menghafal atau mengingat seperti pada materi Kingdom Animalia. Banyak nilai siswa yang tidak mencapai nilai KKM, sehingga beberapa nilai siswa pada materi Kingdom Animalia tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe TGT pada materi Animalia kelas X MAN Pulang Pisau, 2) mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe STAD pada materi Animalia siswa kelas X MAN Pulang Pisau, 3) mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model TGT dengan STAD pada materi Animalia siswa kelas X MAN Pulang Pisau.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Kelas yang diteliti yaitu X IPA 1 dan X IPA 2 dengan jumlah keseluruhan 60 siswa. Rumus yang digunakan untuk uji hipotesis pada penelitian ini adalah rumus separated varians.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) mengalami peningkatan yang cukup signifikan, rerata nilai posttest dari kelas eksperimen TGT yaitu 70,22 dengan nilai N-gain sebesar 0,532 dan berkategori N-gain sedang, 2) hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) mengalami peningkatan yang cukup signifikan, rerata nilai posttest dari kelas eksperimen STAD yaitu 69,93 dengan nilai N-gain sebesar 0,524 dan berkategori N-gain sedang, 3) berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, diperoleh nilai thitung sebesar 0,466 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05 adalah 2,000. Dengan demikian, terlihat bahwa thitung<ttabel (0,466<2,000) sehingga hipotesis nol (Ho) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model TGT dan STAD pada materi Animalia siswa kelas X MAN Pulang Pisau.

ABSTRACT

The background of this research was the student’s difficulties in understanding material that involves the ability to memorize or remember as in Animal Kingdom Materials. Many student scores did not reach the KKM score, so some students on the Animal Kingdom Materials were not complete. This research aimed to; 1) recognize the results of student learning taught using cooperative model of TGT type in Animalia at grade X MAN Pulang Pisau, 2) recognize student learning result taught using STAD type cooperative model on Animal material at grade X MAN Pulang Pisau, 3) know the comparison of student learning outcomes which is taught using TGT model and STAD on Animal materials at grade X MAN Pulang Pisau.
This research used quantitative approach with research design of Non Randomized Control Group Pretest-Posttest Desigen. Sampling technique in this research was purposive sampling technique. The classes studied were X IPA 1and X IPA 2 with a total of 60 students. The formula used ti test the hypothesis in this study was the separated variants formula.
The result showed that: 1) the learning result of students which were taught by using Teams Games Tournament (TGT) learning model had a significant improvement, the mean posttest value of the experimental class TGT was 70,22 with the N-gain value 0,532 and moderate N-gain category, 2) student learning outcomes taught by using Students Teams Achievement Division (STAD) learning model was 69,93 with N-gain value 0,524 and moderate N-gain category, 3) based on hypothesis test result, obtained tcount value of 0,466 and the value of ttabel at a significant level of 0,05 was 2,000. Thus, it appeared that tcount<ttabel (0,466<2,000) so that the null hypothesis (Ho) was accepted. So it could be concluded that there was no significant difference between student learning outcomes using cooperative learning model type TGT and STAD on Animalia materials students at grade X MAN Pulang Pisau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Teams Games Tournament; Students Teams Achievement
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:24
Last Modified: 11 Oct 2018 03:24
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item