Penggunaan berbagai metode dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 2 Murung Raya

Erlinda, Nopella (2017) Penggunaan berbagai metode dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 2 Murung Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Nopella Erlinda - 1201111720.pdf

Download (1MB)

Abstract

Belajar merupakan peristiwa sehari-hari di sekolah. Mengajar bukan sekedar ceramah dan berdiri di depan kelas, tetapi bagaimana teknik dan strategi guru dalam mengkomunikasikan materi pembelajaran,berinteraksi, mengorganisir, dan mengelolah siswa sehingga berhasil dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Salah satu kunci keberhasilan pembelajaran adalah bilamana guru memiliki dan menguasai metode pembelajaran secara baik. Rumusan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, meliputi : 1) Perencanaan penggunaan berbagai metode dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 2 Murung Raya. 2) Metode apa saja yang digunakan dalam penggunaan berbagai metode dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 2 Murung Raya. 3) Penggunaan berbagai metode dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 2 Murung Raya Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan penggunaan berbagai metode dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 2 Murung Raya. 2) Untuk mengetahui penggunaan berbagai metode dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 2 Murung Raya. 3) Untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan dalam penggunaan berbagai metode dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 2 Murung Raya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan subjek sumber data berjumlah satu orang guru Sejarah Kebudayaan Islam, 4 orang siswa kelas VII A orang. Teknik pengumpulan data yang penulis terapkan adalah observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 4 (empat) tahapan analisis yaitu : 1) Pengumpulan data, 2) Pengumpulan data, 3) Penyajian data, 4) Penarikan kesimpulan dari data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Rencana penggunaan metode dalam pembelajaran yaitu, ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan. 2) Metode pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII A di MTsN 2 Murung Raya meliputi metode ceramah, metode kisah, metode timeline, metode tanya jawab, metode diskusi, metode penugasan telah sesuai dengan yang direncanakan. 3) Penggunaan metode disaat pembelajaran ialah ceramah, disini guru memberikan penjelasan materi kepada siswa secara lisan, metode kisah, guru menceritakan kisah nabi di periode Mekkah dan Madinah, metode timeline, guru menggambarkan peristiwa dalam satu kurun atau periode tertentu, metode tanya jawab, guru mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah disampaikan dan peserta didik menjawab, Untuk selanjutnya dalam metode diskusi guru membagi menjadi beberapa kelompok.

ABSTARCT

Learning is a daily event at school. Teaching is not only talk and stand in front of the class, but how the teacher’s technique and strategy in communicate learning material, interact, organize and manage students to success and achieve the goals that decided. One of the key to successful in learning is when the teacher has and master learning method well. The problem of this study are : 1) The plan using of various methods in History of Islamic Culture (SKI) course at MTsN 2 Murung Raya. 2) What are the methods that used in using various methods on History of Islamic Culture (SKI) course at MTsN 2 Murung Raya. 3) The using of various methods on History of Islamic Culture (SKI) course at MTsN 2 Murung Raya. The objective of this study are :1) To find out the plan using of various methods on History of Islamic Culture (SKI) course at MTsN 2 Murung Raya. 2) To find out the using of various methods on History of Islamic Culture (SKI) course at MTsN 2 Murung Raya. 3) To find out what are the methods that used in using various methods on History of Islamic Culture (SKI) course at MTsN 2 Murung Raya .
This research used qualitative method, with the subject or main source was one teacher who taught History of Islamic Culture (SKI), 4 students at class VII A. The data collection technique that researcher used were observation, interivew and documentation. This research used 4 steps of analyze, they were : 1) Data Collecting, 2) Data Collecting, 3) Data Display and 4) Conclusion Drawing.
The result of this study shown that : 1) The plan of using various methods in learning were lecture, discussion, answer questions and assessment. 2) The learning method that used on History of Islamic Culture (SKI) at class VII A at MTsN 2 Murung Raya included lecture method, story method, timeline method, asnwer questions method, discussion method, assessmetn method had been appropriate with the plan before. 3) The using of method when learning process was lecture where the teacher gave explaination material to the students orally, story method where the teacher told about prophet’s story in Macca and Madina Period, timeline method where the teacher described events in particular time or period, answer questions method where the teacher held answer questions about the material that explained and aksed the students to answer it. For the next, the teacher in discussion method where the teacher divided the students into some groups.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 08 Oct 2018 03:38
Last Modified: 08 Oct 2018 03:38
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1178

Actions (login required)

View Item View Item