Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) dengan bantuan kartu soal terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII MTs Darul Amin

Misnawati, Misnawati (2017) Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) dengan bantuan kartu soal terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII MTs Darul Amin. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI MISNAWATI - 1301140362.pdf

Download (1MB)

Abstract

Informasi awal diterima bahwa di MTs Darul Amin Palangka Raya hasil belajar peserta didik materi sistem pencernaan pada manusia masih banyak di bawah nilai KKB yaitu kurang dari 65. Persentasi peserta didik yang benar-benar memahami materi yang diajarkan dari 29 peserta didik yaitu hanya 20% dan merupakan dari peserta didik yang dianggap cerdas sedangkan sisanya 80% rata-rata kurang dalam pemahaman materi.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT dengan bantuan kartu soal terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII MTs Darul Amin Palangka Raya dan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar menggunakan model TGT pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah model pembelajaran TGT dengan bantuan kartu soal berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dan bagaimana perbandingan hasil belajar peserta didik menggunakan model TGT pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan model konvensional.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitisn quasi eksperimen dan desain penelitian yaitu pre-posttest control group design. Popuasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII semester I MTs Darul Amin Palangka Raya tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-A (kelas eksperimen) dan kelas VIII-B (kelas kontrol) yang masing-masing kelas berjumlah 27 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunkan model pembelajaran TGT dengan bantuan kartu soal pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII MTs Darul Amin Palangkaraya dibuktikan dengan nilai th>tt (4,26>2,006). 2) perbandingan nilai kedua kelas yaitu kelas eksperimen untuk nilai pre-posttest sebesar 48 dan 76,04 dengan nilai gain 28,04 serta N gain 0,539 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai pre-posttest sebesar 46,67 dan 64,96 dengan nilai gain18,29 serta N gain 0,343. Jadi, dapat terlihat pada kelas eksperimen menggunakan model TGT dengan bantuan kartu soal lebih baik dari pada kelas kontrol menggunakan model konvensional.

ABSTRACT

Initial information received that in MTs Darul Amin Palangka Raya students' learning outcomes digestive system in humans material is still much below the KKB score of less than 65. Percentage of learners who really understand the material taught from 29 learners that is only 20% and is from learners who are considered smart while the remaining 80% on average less in material understanding.
This study aims to determine the effect of TGT learning model with the help of the question cards on Students' Learning Outcomes on Human digestive System Materials class VIII MTs Darul Amin and to know the comparison of learning results using TGT model in the experimental class and conventional model in the control class. The formulation of this research problem is whether the TGT learning model with the help of the question card affect the learners 'learning outcomes and how the comparison of learners' learning results using TGT model in the experimental class and control class using conventional model.
This research used quantitative descriptive method with quasi experimental research type and research design that is pre-posttest control group design. Research population is students of class VIII semester I MTs Darul Amin Palangka Raya academic year 2017/2018. Sampling using purposive sampling technique that is class VIII-A (experiment class) and class VIII-B (control class) which each class amounted to 27 people.
The results of this study indicated that 1) there is a effect on the learning outcomes of learners who taught using model of learning TGT with the help of question cards on the human digestive system in class VIII MTs Darul Amin Palangkaraya evidenced by the value of th> tt (4.26> 2.006) . 2) comparison of second grade of experiment class for pre-posttest value of 48 and 76,04 with gain value 28,04 and N gain 0,539 while control class got pre-posttest value equal to 46,67 and 64,96 with value of gain18, 29 and N gain 0.343. Thus, it can be seen in the experimental class using the TGT model with the help of the problem card better than the control class using the conventional model.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: KKB; TGT; hasil belajar
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 02 Oct 2018 04:29
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item