Perbandingan model kooperatif tipe jigsaw dan tipe two stay two stray terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi elastisitas

Anwar, Miftahul (2017) Perbandingan model kooperatif tipe jigsaw dan tipe two stay two stray terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi elastisitas. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL ANWAR - 1301130310.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) terdapat tidaknya peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dan tipe two stay two stray (2) terdapat tidaknya peningkatan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dan tipe two stay two stray (3) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dan tipe two stay two stray (4) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dan tipe two stay two stray (5) aktivitas guru dan siswa yang menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dan tipe two stay two stray.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskripitif dan komparatif. Desain penelitian menggunakan the static group pretest-posttest design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik judgment sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas XI-IA 5 dan XI-IA 6. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kota Palangka Raya pada bulan September sampai dengan Oktober 2017. Instrumen yang digunakan adalah hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kritis siswa, lembar pengamatan hasil belajar afektif dan psikomotorik, aktivitas guru dan siswa.
Hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw dan tipe two stay two stray, (2) terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model kooperatif tipe jigsaw dan tipe two stay two stray, (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe jigsaw dan tipe two stay two stray (4), tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe jigsaw dan tipe two stay two stray, (5) aktivitas guru menggunakan model kooperatif tipe jigsaw nilai rata-rata 82,89 dengan kategori baik dan model kooperatif tipe two stay two stray nilai rata-rata 84,20 dengan kategori baik, aktivitas siswa menggunakan model kooperatif tipe jigsaw nilai rata-rata 79,85 dengan kategori baik dan model kooperatif tipe two stay two stray nilai rata-rata 83,58 dengan kategori baik.

ABSTRAK

This study was aimed (1) is there any significant to improve students’ learning outcomes using cooperatif model jigsaw and two stay two stray types, (2) is there any significant to improve students’ critical thinking using cooperatif model jigsaw and two stay two stray types, (3) is there any significant difference students’ learning outcomes using cooperatif model jigsaw and two stay two stray types, (4) is there any significant difference students’ critical thinking using cooperatif model jigsaw and two stay two stray types, (5) student and teacher activities using cooperatif model jigsaw and two stay two stray types.
This study was used quantitative approach which apllies comparative and descriptive research. The static group pretest-posttest design was used in this research. The sample was taken using judgment sampling, 5 of XI-IA and 6 of XI-IA students were used as sample. This study was conducted at MAN of Palangka Raya on September to October 2017. The student’s cognitive learning outcomes, critical thinking, afektif and psychomotoric observation students’ learning outcomes, and students and teacher activities were used as instruments.
The result of this study obtained by (1) there is any a significance to improve students’ learning outcomes using cooperatif model jigsaw and two stay two stray types, (2) there is any a significance to improve students’ critical thinking abilities using cooperatif model jigsaw and two stay two stray types, (3) there is nothing a significant difference students’ learning outcomes using cooperatif model jigsaw and two stay two stray types, (4) there is nothing a significant difference students’ critical thinking using cooperatif model jigsaw and two stay two stray types, (5) the teacher activities using cooperatif model using jigsaw type with a mean 82,89 high category and cooperatif model using two stay two stray type with a mean 84, 20 high category, the students activities using cooperatif model using jigsaw type with a mean 79,85 high category and cooperatif model using two stay two stray type with mean 83,58 high category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model kooperatif tipe jigsaw; model kooperatif tipe two stay two stray
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:28
Last Modified: 02 Oct 2018 04:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1159

Actions (login required)

View Item View Item