Maulidia, Maulidia (2017) Studi analisis kritis nilai-nilai pendidikan dalam Tafsir Al-Mishbah dan Tafsir Al-Azhar Pada Q.S As-Saffat Ayat 100-111. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan denyut jantung agama Islam yang didalamnya mengandung masalah-masalah akidah, akhlak, ibadah, mu’amalah dan kisah. Kisah dalam Al-Qur’an menceritakan para nabi dan rasul serta tokoh-tokoh penting yang karakternya berdampak baik pada kehidupan manusia. Salah satu nabi yang akhlaknya tercatat berulang kali dalam Al-Qur’an ialah Nabi Ibrahim.
Al-Qur’an surah aṣ-Ṣaffat ayat 100-111 menunjukkan bahwa ajaran Islam sangat memperhatikan betapa pentingnya mencetak generasi yang berakhlak mulia serta dekat kepada Tuhannya. Hal demikian mununjukkan bahwa dalam ayat tersebut mengandung nilai-nilai pendidikan. Namun, agar tidak meninggalkan ruh-ruh pendidikan Islam, maka diperlukan hasil pemikiran para ulama yang mereka tuangkan dalam salah satu karyanya termasuk Tafsir Al-Qur’an.
Tafsir al-Miṣhbah dan tafsir al-Azhar adalah kedua tafsir yang saling melengkapi untuk memperkaya kajian Al-Qur’an ini. Dengan demikian, memahami dan menggali terhadap surah ini merupakan satu tahapan penting untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai sumber utama dalam dunia pendidikan.
Berdasarkan uraian tersebut, Penelitian ini membahas tentang bagaimana nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam tafsir al-Mishbah dan tafsir al-Azhar pada QS. aṣ-Ṣaffat ayat 100-111 serta perbandingan nilai-nilai pendidikan dalam kedua tafsir tersebut.
Penelitian ini berdasarkan jenisnya baik ditinjau dari segi tempat maupun dari segi metode adalah penelitian kepustakaan/library research dengan menggunakan pendekatan tafsir tarbawi dan metode muqarran. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari tiga sumber, yaitu: sumber primer, sekunder dan tersier. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik telaah dokumentasi.
Dari hasil penelitian, Pertama, nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam tafsir al-Mishbah pada penelitian ini, yaitu: a Nilai Religius, yaitu berketuhanan, petunjuk Ilahi, ujian, tawakkal, sabar, taqwa, serta buah iman 2) Nilai Sosial, yaitu jujur, demokratis, dan sopan santun 3) Nilai Etis, yaitu tanggung jawab kerja keras, tangguh dan 4) Nilai Estetis, yaitu menghargai prestasi, pemberian nilai dan penghargaan. Kedua; nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam tafsir al-Azhar pada penelitian ini yaitu: 1) Nilai Religius, yaitu berketuhanan, petunjuk Ilahi, cobaan, sabar, tawakkal, syaja’ah (keberanian) dan taqwa 2) Nilai Etis, yaitu kerja keras, buah iman dan 3) Nilai Estetis yaitu menghargai prestasi dan pemberian nilai dan penghargaan. Ketiga, nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kedua tafsir tersebut dipahami dari substansinya hampir sama, perbedaannya hanya terletak pada narasinya.
ABSTRACT
Al-Qur’an is the heart of Islam that inside it include the problems of Akidah, akhlak, Ibadah, Mu’amalah and story. The story in Al-Qur’an an tell about the prophets also most important people that the character affect for good and bad for humanity life. One of the prophet that his character record many times in Al-Qur’an is Ibrahim.
Al-Qur’an surah aṣ-Ṣaffat ayat 100-111 show that Islam doctrine consider how the important make a generation with good character and near with God. This thing show that in ayat include education values. But for not leaving the spirits of Islamic education, we need the result of thingking from Ulama which they share in one of they work is Tafsir Al-Qur’an.
Tafsir al-Mishbah and tafsir al-Azhar complete to enrich the study of the Qur’an. So, understand and excavate toward this surah is one of the important steps to make Al-Qur’an as the main source in Education field.
Based on explanation above, this research investigate about how the education values that include in tafsir al-Mishbah and tafsir al-Azhar on Q.S ash-Shaffat ayat 100-111, also the comparison education values in both tafsir.
Based on the kind, the place and the method this research was library research using tafsir tarbawi and muqarran method. There were 3 sources in this research, they were primary source, secondary source, and tertiary source. The data collection technique using documentation.
The result shown, First: Education values that included in tafsir al-Mishbah on this research were: 1) religious values were devout, Guidance of God, trial, tawakkal, patient, taqwa and faith fruit, 2) Social values were honest, democration and well mannered, 3) ethical values were responsibility, hard work and tough and 4) Aesthetic values were respect achievement, giving score and appreciation. Second, education values that included in tafsir al-Azhar in this research were: 1) Religious values were devout, Guidance of God, trial, patient, tawakal, syaja’ah (courageness) and taqwa 2) Ethical values were hard work, faith fruit and 3) Aesthetic values were respect, and giving score and apprectiation. Third, education values that included in both of tafsir understood from the substance almost same, the difference only on narration.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan, Tafsir |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 04:06 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 04:06 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1155 |
Actions (login required)
View Item |