Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (tgt) dengan bantuan bermain peran terhadap keaktifan peserta didik materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di MTs An-Nur Palangaraya

Sholihah, Mar'atus (2017) Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (tgt) dengan bantuan bermain peran terhadap keaktifan peserta didik materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di MTs An-Nur Palangaraya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI MARI'ATUS SOLIHAH - 1301140351.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan bermain peran terhadap keaktifan peserta didik (2) ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan bermain peran terhadap hasil belajar peserta didik; (3) bagaimana pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan bermain peran terhadap keaktifan peserta didik; (4) bagaimana pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan bermain peran terhadap hasil belajar peserta didik; (5) ada atau tidak adanya peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan model model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan bermain peran.
Penelitian ini menggunakan model rancangan Non-Equivalent Control Group Pretest-Postest. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel yang dipilih yaitu kelas VIII B dan kelas VIII C. Penelitian ini dilaksanakan di MTs An-Nur Palangka Raya pada bulan Agustus sampai September 2017. Intrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keaktifan peserta didik dan tes hasil belajar kognitif peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)dengan bantuan bermain peran terhadap keaktifan peserta didik dengan nilai signifikansi < 0,05 (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan bermain peran terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai signifikansi < 0,05 (3) Keaktifan peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan bermain peran dengan rata-rata nilai keaktifan peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 78,60% dengan kriteria baik dan kelas kontrol sebesar 52,50% dengan kriteria kurang sekali (4) hasil Belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan bermain peran dengan rata-rata nilai postes 74,23 dan rata-rata nilai pretes 43,53 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai postes 70,69 dan rata-rata nilai pretes 47,85 (5) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan bermain peran kelas eksperimen yaitu 0,54 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol yaitu 0,42 dengan kategori sedang.

ABSTRACT

The study was aimed to know : (1) whether is no influence of teams games tournament (TGT) learning model by rolling play toward students activeness; (2) whether there is or no influence of teams games tournament (TGT) learning model by rolling play toward students learning outcomes; (3) how the influence of teams games tournament (TGT) learning model by rolling play toward students activeness; (4) how the influence of teams games tournament (TGT) learning model by rolling play toward students learning outcomes; (5) teher there is no increas of students learning outcomes by using cooperative teams games tournament (TGT) type by rolling play.
This study was designed Non-equivalent Control Group Pretest – Posttest. This study used Quantitative approach. This study was belonged to quasi experimental study. Samples were taken from class VIII B and VIII C. This study was conducted on MTs An-Nur Palangka Raya on August until September 2017. The instrument was used are observation checklist of students activeness and test of students learning outcomes.
The results were showed: (1) there was influence of teams games tournament (TGT) learning model by rolling play toward students activeness with significance under 0,05; (2) there was influence of teams games tournament (TGT) learning model by rolling play toward students learning outcomes with significance under 0,05; (3) students activeness by using teams games tournament (TGT) learning model by rolling play with means score of experiment class 78,60% with good categories and control class 52,50% with less categories; (4) students learning outcomes by using teams games tournament (TGT) learning model by rolling play with mean score of posttest 74,23 and mean score of pretest 43,53 on experiment class, mean score of postest 70,69 and mean score of pretest 47,87 on control class; (5) there was increas of student learning outcomes after the implementation of teams games tournament (TGT) learning model by rolling lay for experiment class showed score 0,54 with fait categoris, on control class showed score 0,42 with fair categoris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran teams games tournament (TGT)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 28 Sep 2018 05:31
Last Modified: 28 Sep 2018 05:31
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1153

Actions (login required)

View Item View Item