Pengaruh penerapan reinforcement terhadap motivasi belajar anak dalam proses belajar mengajar mata pelajaran fiqih kelas V di MIS Hidayatul Muhajirin Palangka Raya

Hidayah, Laila (2017) Pengaruh penerapan reinforcement terhadap motivasi belajar anak dalam proses belajar mengajar mata pelajaran fiqih kelas V di MIS Hidayatul Muhajirin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI LAILA HIDAYAH - 1301111775.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu tujuan dari penerapan reinforcement adalah untuk membangkitkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, karena peserta didik akan belajar dengan sungguh-sungguh apabila memiliki motivasi yang tinggi, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru harus mampu membangkitkan motivasi belajar anak sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif dan optimal salah satunya dengan menerapkan reinforcement saat proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang pengaruh penerapan reinfocement terhadap motivasi belajar anak. Adapun permasalahan yang diangkat adalah: (1) Bagaimanakah penerapan reinforcement pada mata pelajaran fiqih kelas V di MIS Hidayatul Muhajirin Palangkaraya ?; (2) Bagaimana motivasi belajar anak dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran fiqih kelas V di MIS Hidayatul Muhajirin Palangkaraya?; (3) apakah ada pengaruh penerapan reinforcement terhadap motivasi belajar anak dalam proses belajar mengajar mata pelajaran fiqih kelas V di MIS Hidayatul Muhajirin Palangkaraya ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 73 orang anak siswa kelas V di MIS Hidayatul Muhajirin Palangka Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data melalui: editing, tabulating, coding dan analyzing. Analisis data menggunakan rumus statistik korelasi product moment..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan reinforcement pada mata pelajaran fiqih kelas V di MIS Hidayatul Muhajirin Palangkaraya yaitu 2,68 berada pada interval 2,51-3,25 sehingga berkategori baik; 2) motivasi belajar anak dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran fiqih kelas V di MIS Hidayatul Muhajirin Palangkaraya yaitu 3,34 berada pada interval 3,26-4,00 sehingga berkategori sangat baik; 3)Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan reinforcement terhadap motivasi belajar anak dalam proses belajar mengajar mata pelajaran fiqih kelas V di MIS Hidayatul Muhajirin Palangkaraya, hal ini terbukti dengan perolehan angka korelasi product moment (rxy) sebesar 0,565 lebih besar dari rtabel yang menggunakan db atau df =71, baik pada signifikansi 5% (0,2303) maupun pada taraf 1% (0,2997), serta dilihat dari perolehan thitung sebesar 5,770 lebih besar dari ttabel baik pada signifikansi 5% (1,99394) maupun pada taraf 1% (2,64686), yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

ABSTRACT

One of the purpose implementation reinforcement is to arousing and improving students’ motivation. Motivation is one of the factor that can be improving learning quality, because the students’ will learn seriously if they are have high motivation, to improve learning quality, teacher must be able to arousing students’ motivation with the result that learning process mor effective and optimal, one of that is implementing reinforcement when learning process.
The purpose of this research was to know deeper about the effect of implementation reinforcement toward students’ motivation. There were a problem to propose in this study : ( 1 ) How did the implementation reinforcement in fiqih course class V at MIS Hidayatul Muhajirin Palangkaraya ?; ( 2 ) How the students’ motivation in learning process on fiqih course class V at MIS Hidayatul Muhajirin Palangkaraya ?; ( 3 ) is there any effect of implementation reinforcement toward students’ motivation in learning process on fiqih course class V at MIS Hidayatul Muhajirin Palangkaraya ?
The research used quantitative approach and correlational design. The population of this research was 73 students class V at MIS Hidayatul Muhajirin Palangkaraya. The data collection technique used questionnaire, observation, interview and documentation. The data analyze technique through : editing, tabulating, coding and analyzing. The data analyze used statistical formula product moment correlation.
The result shown that : ( 1 ) The implementation of reinforcement on fiqih course class V at MIS Hidayatuk Muhajirin Palangkaraya was 2,68 on interval 2,51-3,25 and good categorized; ( 2 ) The students’ motivation in learning process on fiqih course class V at MIS Hidayatul Muhajirin Palangkaraya was 3,34 on interval 3,26-4,00 and very good categorized ; ( 3 ) There was a significant effect between implementation of reinforcement toward students’ motivation in learning process on fiqih course class V at MIS Hidayatul Muhajirin Palangkaraya , this can be seen from with the score correlation product moment (rxy) was 0,565 greater than rtabel where used db or df=71, also on 5% signification (0,2303) as well as 1% signification (0,29997), along with score tobserved was 5,770 greater than ttable on 5% signification (1,99394) and on 1% signification (2,64686), it meant Ha accepted and Ho rejected.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Penerapan Reinforcement; Motivasi Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 24 Sep 2018 05:27
Last Modified: 24 Sep 2018 05:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item View Item