Gender dalam pandangan M. Quraish Shihab (tinjauan dalam bidang pendidikan)

Suranta, Khana (2017) Gender dalam pandangan M. Quraish Shihab (tinjauan dalam bidang pendidikan). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI KHANA SURANTA - 1201111689.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persoalan gender telah menjadi perbincangan banyak pihak, baik kalangan agamawan maupun non agamawan. Di kalangan penggiat studi agama sendiri gender menjadi isu hangat untuk diperbincangkan di berbagai forum. Bermula dari hal tersebut, menjadi suatu hal yang perlu untuk mengetahui atau mengetengahkan pandangan seseorang yang dapat dinilai memiliki kapasitas keilmuan untuk dapat mengungkapkan pesan Kitab Suci al-Qur’an sebagai pedoman utama bagi Umat Islam. Dalam penelitian ini diketengahkan pandangan seorang ahli tafsir al-Qur’an terkemuka yang diakui secara keilmuan, tokoh tersebut adalah M. Quraish Shihab. Dari latar belakang yang demikian itu, maka dirumuskan dua poin rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana pandangan M. Quraish Shihab tentang gender berdasarkan tinjauan dalam bidang pendidikan, (2) bagaimana relevansinya terhadap tujuan pendidikan di Indonesia saat ini.
Penelitian ini ditulis dengan model penelitian kualitatif, dengan cara melakukan penelusuran atas buku-buku yang ditulis oleh M. Quraish Shihab, terutama buku-buku yang berkaitan atau memuat tema gender di dalamnya baik secara khusus atau sebahagiannya. Dengan kata lain, jenis penelitian ini adalah “library research”. Data diolah dengan melakukan klasifikasi data, dengan menyusun data dalam beberapa kategori menurut kriteria yang timbul secara logis dari masalah yang akan dipecahkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran dan kedudukan perempuan dalam keluarga pada bidang pendidikan dalam pandangan M. Quraish Shihab yaitu: (1) sebagai orangtua, perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam rangka memberi bekal bagi pendidikan anak. Sebab perempuan sebagai ibu telah memberikan bekal bagi pendidikan anak-anaknya sejak pertama kali yaitu ketika mengandung dan tugas mendidik tersebut berjalan secara terus-menerus (2) sebagai anak, perempuan menurut M. Quraish Shihab memiliki hak yang sama dengan laki-laki dalam hal mendapatkan pendidikan. Perempuan boleh menentukan sendiri bidang studi dan tempat yang akan dituju dalam rangka menuntut ilmu. Pandangan M. Quraish Shihab sangat relevan dengan Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II pasal 4 dalam poin mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Sebab dalam Undang-Undang tidak dibeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan.

ABSTRACT

Problem of gender has been discussed many sides, the religionist and non religionist. In the religionist side, gender become hot issue to discuss at many forums. From that thing,need to know and set forth the someone view that has capability knowledge to be able to express the message from Al-Qur’an as the main source for Islam people. In this research, seth forth a famous expert Tafsir Qur’an view that aknowledge from the knowledge, that character is M. Quraish Shihab. From that explanation, there are two problems in this study, they are : (1) How does M.Quraish Shihab’s view about gender based on the education field. (2) How does the relevancy toward education’s goal in Indonesia right now.

This research model was qualitative descriptive, with some ways investigation the books written by M.Quraish Shihab, especially the books which related with gender inside it specifically or half of it. In other word, the kind of this research was library research . the data analyzed with classfication data that classified the data into some categories according to the criteria that appear logically from the problem that would be solved.

The result shown that, (1) role or position the women in family in education field in M.Quraish Shihab’s view were : As parent, women had important role in giving the supply for child’s education. Because women as the mother had been given the supply for her children’s education at the first time when pregnant and the duty to educate run continously. As child, women in M.Quraish Shihab’s view had the same right with men in got the education. Women may chose itself for the course and the place that she want to learn. (2) M.Quraish Shihab’s view about the relevant with Law No. 20 Year 2003 about Education National System, Chapter II Article 3. Cause in that Law, there was no different between men and women.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gender; M. Quraish Shihab; Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169901 Gender Specific Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:26
Last Modified: 24 Sep 2018 04:26
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item View Item