Analisis kualitas butir soal pilihan ganda mata pelajaran biologi Kelas X dan XI pada ulangan akhir semester tahun ajaran 2016/2017 di MAN Kota Palangka Raya

Mu'arifah, Isnani (2017) Analisis kualitas butir soal pilihan ganda mata pelajaran biologi Kelas X dan XI pada ulangan akhir semester tahun ajaran 2016/2017 di MAN Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI ISNANI MU'ARIFAH-1301140356.pdf

Download (1MB)

Abstract

Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Biologi buatan guru di MAN Kota Palangka Raya belum pernah dianalisis baik secara kualitas dan kuantitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal UAS Biologi buatan guru tahun ajaran 2016/2017 berdasarkan kesesuaiannya dari segi materi, konstruksi, bahasa, tingkat kesukaran, daya pembeda, validitas, reliabilitas dan fungsi distraktor dengan analisis butir soal dapat diperoleh informasi tentang kualitas sebuah soal dan petunjuk untuk mengadakan perbaikan.
Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif, data yang dikumpulkan dengan cara dokumentasi adalah naskah soal dan lembar jawaban peserta didik. Analisis kualitatif menggunakan format penelaahan soal pilihan ganda, sedangkan analisis kuantitatif menggunakan program SPSS versi 18.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal biologi kelas X dan XI sebagai berikut: (1) Kualitas soal Ulangan Akhir Semester mata pelajaran Biologi pada Kelas X dan XI MAN Kota Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017 memiliki kualitas yang cukup baik karena sudah sesuai dengan soal standar. Tetapi perlu ada perbaikan aspek konstruksi dan bahasa pada beberapa soal. (2) Tingkat kesukaran soal pada Kelas X sebanyak 6 soal kategori sukar, 25 soal kategori sedang dan 19 soal kategori mudah dan pada kelas XI sebanyak 7 soal kategori sukar, 14 soal kategori sedang dan 29 soal kategori mudah. (3) Daya pembeda soal pada Kelas X dengan daya pembeda kategori baik sekali sebanyak 0%, kategori baik 8%, kategori sedang 24%, dan kategori jelek 68%. Kemudian daya pembeda pada kelas XI IPA dengan daya pembeda kategori baik sekali sebanyak 0%, kategori baik 8%, kategori sedang 32% dan kategori jelek 60%. (4) Validitas soal pada Kelas X sebanyak 52% atau 26 butir soal valid sedangkan soal yang tidak valid sebanyak 48% atau 24 butir soal dan XI sebanyak 58% atau 29 butir soal valid sedangkan soal yang tidak valid sebanyak 42% atau 21 butir soal. (5) Reliabilitas soal pada kelas X dan XI digolongkan tinggi atau reliabel yaitu pada kelas X sebesar 0.708 dan kelas XI sebesar 0.793. (6) Fungsi distraktor soal pada kelas X sebanyak 5 soal kategori sangat baik, 15 soal kategori baik, 14 soal kategori cukup, 8 soal kategori kurang baik dan 8 soal kategori tidak baik. Untuk kelas XI IPA sebanyak 2 soal kategori sangat baik, 8 soal kategori baik, 19 soal kategori cukup, 12 soal kategori kurang baik dan 9 soal kategori tidak baik.

ABSTRACT

End Semester Examination (UAS) biology question made by teacher at MAN Kota Palangka Raya never been analyze from the quality and the quantity. The purpose of this research is to know the quality item of multiple choice question made by teacher at end semester examination biology course in academic year 2016/2017 that cover analyze the question from material, construction, language, level of difficulty, power of differentiator, validity, reliability and question distractor with analysis item question which get information about the quality a question and direction to make reparation.
The design of this research was descriptive qualitative and quantitative, the data that collected with documentation were question document, students’ answer sheets. The analysis qualitative using study question multiple choice format, while quantitative using SPSS Version 18.
The result of this study shown on biology questions at tenth and eleventh grade that : (1) The quality of questions at end semester examination on biology course tenth and eleventh grade MAN Kota Palangka Raya in academic year 2016/2017 had a good quality, because appropriate with the standardized questions, but needed little bit fix in material aspect and construction in some questions. (2) Seen from the level of difficulty at tenth grade was 9 questions on hard category, 25 questions on moderate category and 19 questions on easy category. While on eleventh grade of science, there was 7 questions on hard category, 14 questions on moderate category and 29 questions on easy category. (3) Seen from the power of differentiator, at tenth grade, there was 0% on very good cateogry, 8% on good category, 24% on good category and 68% on bad category. While at eleventh grade of science, there was 0% on very good category, 8% on good category, 32% on fair category, and 60% on bad category. (4) Seen from the questions’ validity, at tenth grade, there was 52% or 26 items question with ranks valid and 48% or 24 items question with ranks not valid, while eleventh grade of science, there was 58% or 29 items question with ranks valid and 42% or 21 items question with ranks not valid. (5) Seen from the questions’ reliability at tenth and eleventh grade of science on high reliability, they were at the tenth grade had index of reliability 0,708 and eleventh grade of sicence had index 0, 793. (6).Seen from the distractor function at tenth grade, there was 5 questions on very good category, 15 questions on good category, 14 questions on fair category and 8 question on not bad category and 8 questions on bad category. While at eleventh grade of science there was 2 questions on very good category, 8 questions on good category, 19 questions on fair category, 12 questions on not good category and 9 questions on bad category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: mata pelajaran Biologi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 24 Sep 2018 03:37
Last Modified: 24 Sep 2018 03:37
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1138

Actions (login required)

View Item View Item