Purnamasari, Intan (2017) Evaluasi pelaksanaan kegiatan bimbingan membaca Al-Quran mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya tahun akademik 2016-2017. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI INTAN PURNAMASARI -1201111686.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pelaksanaan program kegiatan Bimbingan Membaca Al-Qur’an yang tergabung dalam sistem Asrama Ma’had Aljami’ah ini masih kurang maksimal dalam membekali mahasiswa untuk bisa membaca Al-qur’an dengan baik dan benar. hal ini dapat dibuktikan dengan adanya mahasiswa yang tidak lulus mengikuti ujian Bimbingan Membaca Al-Qur’an baik mahasiswa yang tinggal di luar asrama maupun mahasiswa penghuni asrama.
Rumusan masalah ini adalah (a) bagaimana pelaksanaan kegiatan Bimbingan Membaca Al-Qur’an mahasiswa IAIN Palangka Raya tahun akademik 2016-2017? (b) Metode apa saja yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan Bimbingan Membaca Al-qur’an di IAIN Palangka Raya tahun akademik 2016-2017 (c) Bagaimanakah hasil kegiatan Bimbingan Membaca Al-Qur’an mahasiswa IAIN Palangka Raya tahun akademik 2016-2017 ?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data digali dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi subjek adalah 119 mahasiswa yang mengikuti kegiatan Bimbingan Membaca Al-Qur’an.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Kegiatan pelaksanaan Bimbingan Membaca Al-Qur,an di IAIN palangka Raya tahun akademik 2016-2017 dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan program yang dibuat dengan jumlah mahasiswa seluruhnya 119 orang. Waktu kegiatan dilakukan setalah sholat Magrib sampai dengan menjelang waktu sholat Isya setiap hari senin sampai kamis di Masjid Raya Darussalam. (2) metode yang diterapkan dalam pelaksanaan kegiatatan BMQ, yaitu: (a) metode sorongan, (b) metode maisura, (c) metode tunjuk silang, (d) metode Al-bagdadi, (e) metode An-nahdiyah, (f) metode qiroati, (g) metode Iqro, (3) hasil pelaksanaan kegiatan BMQ di IAIN Palangka Raya Tahun akademik 2016-2017 yaitu dapat dikatakan baik karena dari jumlah peserta 119 yang lulus dengan predikat atau nilai A sebanyak 14 mahasiswa (11,76%), yang lulus dengan predikat nilai B sebanyak 81 mahasiswa(68,07%), yang lulus dengan predikat nilai C sebanyak 9 mahasiswa (7,56%) dan yang mendapat predikat nilai D sebanyak 9 mahasiswa (7,56) sedangkan yang dapat predikat nilai E sebanyak 6 mahasiswa (5,05%).
ABSTRACT
The implementation of the program of reciting quranic guidance (BMQ) which is incorporated in Ma'had Al-Jami'ah Boarding system is considered not maximal in equipping students to be able to recite the Qur'an properly and correctly. It can be proved by the existence of students who do not pass BMQ exam either student dormitories or students who live outside the dormitory.
The research formulation was (a) how the implementation of reciting quranic guidance (BMQ) at IAIN Palangka Raya academic year 2016-2017? (b) What methods are applied in the implementation of reciting quranic guidance (BMQ) at IAIN Palangka Raya academic year 2016-2017? (c) How the result of evaluation of reciting quranic guidance (BMQ) at IAIN Palangka Raya academic year 2016-2017?
This research used descriptive qualitative method. Data were extracted by interview, observation, and documentation techniques. The subject was 119 students who registered and follow the reciting quranic guidance (BMQ).
The results showed that: (1) the implementation of evaluation reciting quranic guidance (BMQ) in IAIN Palangka Raya academic year 2016-2017 was run well and applied properly with the total number of subject was 199 students. The activity time started after Maghrib prayers until Isya prayers on every Monday to Thursday at Masjid Raya Darussalam. (2) the implementation of methods applied of BMQ, namely: (a) the cheering method, (b) the maisura method, (c) the cross-referring method, (d) Al-bagdadi method, (e) An-nahdiyah method, f) qiroati method, (g) Iqro method, (3) the result of evaluation BMQ in IAIN Palangka Raya Academic year 2016-2017 that was good with number of participants 119 students who graduated with the predicate A was 14 students (11.76 %), who graduated with B score was 81 students (68.07%), who graduated with the predicate C was 9 students (7.56%) and who received the D score was 9 students (7.56), then the predicate E as much as 6 students (5.05%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Membaca Al-qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 20 Sep 2018 03:25 |
Last Modified: | 20 Sep 2018 03:25 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1134 |
Actions (login required)
View Item |