Pelaksanaan supervisi pembelajaran di MTsN Maliku Baru Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau

Fitriansyah, Fitriansyah (2017) Pelaksanaan supervisi pembelajaran di MTsN Maliku Baru Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI FITRIANSYAH - 1201111710.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai supervisor dia juga sebagai manager, dengan fungsi supervisor diharapkan kepala sekolah melakukan pembinaan supervisi pembelajaran terhadap guru, apakah fungsi sebagai supervisor dilaksanakan dengan baik, menjadi menarik untuk diteliti.
Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) bagaimana pelaksanaan supervisi pembelajaran di MTsN Maliku Baru, (2) teknik apa saja yang digunakan dalam supervisi pembelajaran, (3) pendekatan apa yang digunakan dalam supervisi pembelajaran, (4) bagaimana masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran di MTsN Maliku Baru.
Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan supervisi pembelajaran di MTsN Maliku Baru, (2) untuk mendeskripsikan teknik apa saja yang digunakan dalam supervisi pembelajaran, (3) untuk mendeskripsikan pendekatan apa yang digunakan dalam supervisi pembelajaran di MTsN Maliku Baru, (4) mendeskripsikan bagaimana masalah yang di hadapi dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran di MTsN Maliku Baru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, sedangkan yang menjadi informannya adalah 2 orang guru MTsN Maliku Baru. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan 4 tahapan, yaitu data collection (pengumpulan data) data reduction (pengurangan data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah kepada guru dilaksanakan di awal semester pertama pada bulan Juli, dengan menggunakan rubrik penilaian, meliputi : penilaian afektif guru, sikap profesional guru, penilaian keterampilan mengajar guru (2) teknik supervisi pembelajaran yang digunakan oleh kepala sekolah, yaitu teknik perorangan dan teknik kelompok (3) pendekatan supervisi pembelajaran yang digunakan yaitu pendekatan ilmiah, artistik dan klinis. (4) Masalah yang dihadapi kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran, antara lain : kurangnya waktu pembinaan supervisi yang tersedia kepala sekolah terhadap guru, kurangnya fasilitas yang mendukung dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran, seperti media pembelajaran yang tersedia, kurangnya kesiapan guru dalam mengikuti supervisi pembelajaran kepala sekolah.

ABSTRACT

Headmaster as supervisor beside as manager and leader is hoped he do learning supervise advising toward teachers, whether function as supervisor did well, interesting to be studied.
The problem in this study (1) how executing learning supervise at MTsN Maliku Baru, (2) what technique that used in learning supervise, (3) what approach that used in learning supervise, (4) how the problem that faced in supervise executing in learning at MTsN Maliku Baru.
The purpose of this study (1) to describe how learning supervise executing at MTsN Maliku Baru, (2) to know the technique that used in learning supervise, (3) to know the approach that used in learning supervise at MTsN Maliku Baru, (4) to describe how the problems are faced in executing learning supervise at MTsN Maliku Baru.
This study used descriptive qualitative approach. The subject of the study is a headmaster, meanwhile as the informants are 2 teachers of MTsN Maliku Baru. The data collecting technique are observation, triangulation, meanwhile data analysis used 4 steps, namely collection, data reduction, data display, and conclusion drawing.
The result findings show that: (1) learning supervise that conducted by the head master toward teachers was conducted in the beginning of the first semester that used evaluation rubric, included: teacher effective evaluation, teacher professional attitude, teacher teaching skill (2) supervise that used by the head master are personal and group technique (3) learning supervise approach that used are science approach, artistic, and clinic. (4) the problems that faced by the head master in supervise, namely: less of supervise guidance time for teachers, less of supported facility such as teaching media, and teachers are not ready to join the supervise of the headmaster.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Pembelajaran; Kepala Sekolah.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:49
Last Modified: 18 Sep 2018 03:49
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1122

Actions (login required)

View Item View Item