Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada pabrik tahu di Palangka Raya

Dewi, Fitriana Candra (2017) Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada pabrik tahu di Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI FITRIANA CANDRA DEWI - 1302120208.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pabrik tahu adalah salah satu bisnis yang memiliki penghasilan atau keuntungan yang tinggi, tahu juga menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap individu. Para pembisnis maupun pengusaha melihat potensi bisnis yang ada di Palangka Raya, yaitu dengan membuka usaha industri pabrik tahu. Kualitas produk dan harga merupakan dua faktor yang telah didokumentasikan oleh sejumlah hasil riset sebagai faktor-faktor yang berpengaruh secara nyata terhadap loyalitas pelanggan pada pabrik tahu bapak Samino di palangka raya.
Hipotesis yang akan diuji antara lain : (a) Bagaimanakah pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada pabrik tahu di Jalan Rajawali 8 No. 6 A, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. (b) Bagaimanakah pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada pabrik tahu di Jalan Rajawali 8 No. 6 A, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. (c) Bagaimanakah pengaruh kualitas harga terhadap loyalitas pelanggan pada pabrik tahu di Jalan Rajawali 8 No. 6 A, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. Responden pada penelitian ini adalah pembeli yang sudah membeli lebih dari 3 (tiga) kali. Ukuran sampel sebanyak 66 orang yang dipilih secara Purposif (purposif sampling). Data dikumpulkan melalui kuesioner selanjutnya dianalisa dengan statistik.
Berdasarkan analisis regresi berganda diperoleh hasil, bahwa kualitas produk dan harga secara bersama-sama berpengaruh positip terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai F hitung sebesar 198,875 dan sig. F sebesar 0,000 . Oleh karena probabilitas < 0,05, maka Ha1 diterima dan Ho1 ditolak, maka telah terbukti ada pengaruh kualitas produk dan harga secara simultan atau bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan atau hipotesis pertama telah terbukti. Dari uji t didapat t hitung adalah 19,781 dengan tingkat signifikan 0,000. Oleh karena probabilitas < 0,05, maka Ha2 diterima dan Ho2 ditolak, maka telah terbukti ada pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan atau hipotesis pertama telah terbukti. Kualitas produk signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan tingkat kepercayaan 99%, Hasil regresi ini menunjukan bahwa jika kualitas produk ditingkatkan 1%, maka akan diikuti dengan meningkatnya loyalitas pelanggan sebesar 19,781%. Dari uji t didapat t hitung adalah -,981 dengan tingkat signifikan 0,330. Oleh karena itu probabilitas < 0,05, maka Ha3 ditolak dan Ho3 diterima, maka telah terbukti ada pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan atau hipotesis kedua telah terbukti.

ABSTRACT

Manufacture of tofu is one business that has a high income or profit, know also become one of the basic needs for each individual. Palangka Raya is one of the big cities, businessmen and entrepreneurs see the potential of existing businesses in Palangka Raya, that is by opening a tofu factory business. product quality and price are two factors that have been documented by a number of research findings as factors that significantly affect customer loyalty at Mr. Samino's tofu factory in the highway.

Hypotheses to be tested include: (a) How the effect of product quality and price on customer loyalty at the tofu factory on Rajawali 8 No. 6 A, Kelurahan Bukit Tunggal, subdistrict of jekan raya, city Palangka Raya. (b) How does the product quality affect customer loyalty to the tofu factories on Rajawali 8 No. 6 A, Kelurahan Bukit Tunggal, subdistrict of jekan raya, city Palangka Raya. (c) How does the price quality affect customer loyalty to the tofu factories on Rajawali 8 No. 6 A, Kelurahan Bukit Tunggal, subdistrict of jekan raya, city Palangka Raya. Respondents in this study are buyers who have bought more than 3 (three) times. The sample size of 66 people selected by Purposif (purposive sampling). Data were collected through questionnaires and then analyzed by statistics.

Based on multiple regression analysis obtained result, that quality of product and price together positively influence to customer loyalty with value of F count equal to 198,875 and sig. F by 0,000. Since probability <0.05, Ha1 is accepted and Ho1 is rejected, it has been proven that the effect of product and price quality simultaneously or together to customer loyalty or the first hypothesis has been proven. From t test obtained t count is 19,781 with significant level 0.000. Since probability <0.05, Ha2 is accepted and Ho2 is rejected, it has been proven that the effect of product quality on customer loyalty or first hypothesis has been proven. Product quality is significant to customer loyalty with 99% confidence level. This regression result shows that if product quality is increased 1%, it will be followed by increasing customer loyalty equal to 19,781%. From t test obtained t count is -, 981 with significant level 0,330. Therefore the probability <0.05, then Ha3 rejected and Ho3 accepted, then it has been proven there is influence of price on customer loyalty or second hypothesis has been proven.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kualitas produk; harga; loyalias pelanggan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:40
Last Modified: 18 Sep 2018 03:40
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item