Persepsi pengusaha warung makan terhadap pemasangan foto KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani di Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya

Saputra, Eko D. Noto (2017) Persepsi pengusaha warung makan terhadap pemasangan foto KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani di Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (692kB)

Abstract

Pemasangan foto KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani oleh para pengusaha warung makan pada warung makannya merupakan fenomena yang sangat menarik. Pemasangan foto ulama tersebut tidak hanya terjadi pada satu atau dua warung makan, melainkan menjadi fenomena para pengusaha warung makan se-kota Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah mengapa dan apa persepsi pengusaha warung makan mengenai pemasangan foto KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani pada warung makan di Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya.
Metode penelitian ini adalah kualitatif, dengan bentuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Purposive sampling digunakan sebagai teknik sampling. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclution drawing.
Hasil penelitian ini adalah, pertama alasan para pengusaha warung makan memasang foto KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani pada warung makan di Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya sebagai media komunikasi non-verbal yang menginformasikan bahwa pemilik warung makan muslim, makanan yang disajikan halal, juga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan. Kedua, persepsi pengusaha warung makan dilihat dari aspek kognisi, mereka mengetahui secara baik bahwa KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani merupakan sosok ulama yang karismatik, sosok guru yang dikagumi, dan dihormati, kemudian aspek afeksi pemasangan foto dianggap sangat penting, dan dari aspek tindakan merupakan bagian dari praktek keagamaan sebagai tanda penghormatan dan kecintaan terhadap KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani.

ABSTRACT

The installation of KH Muhammad Zaini Abdul Ghani's photo by the food stalls entrepreneurs at his food stall is a very interesting phenomenon. Installation of photographs of the moslem scholar not only occurred in one or two food stalls, but became the phenomenon of the food stalls entrepreneurs in the city of Palangka Raya. This study aims to answer the problem of why and what perceptions of food stalls entrepreneurs about the installation of photos KH Muhammad Zaini Abdul Ghani at food stalls in the district of Jekan Raya Palangka Raya city.

This research method is qualitative, with field research form. Data collection techniques use observation, interview and documentation. Purposive sampling is used as a sampling technique. And data analysis technique used is Miles and Huberman model which consists of data reduction, display data, and conclution drawing.
The result of this research is the first reason why the food stall entrepreneurs put the photo of KH Muhammad Zaini Abdul Ghani at the food stall in the district of Jekan Raya Palangka Raya city as a non-verbal communication media informing that the owner of Muslim food stall, the food served kosher, also gives safe and convenient for customers. Second, the perception of food stalls entrepreneurs viewed from the aspect of cognition, they know very well that KH Muhammad Zaini Abdul Ghani is a figure of a charismatic moslem scholar, the figure of an admired religious teacher, and respected, then the affective aspect of photo installation is considered very important, and from the aspect of action is part of religious practice as a sign of respect and love of KH Muhammad Zaini Abdul Ghani.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Pengusaha Warung Makan; media komunikasi non-verbal
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 14 Sep 2018 03:10
Last Modified: 14 Sep 2018 03:10
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1112

Actions (login required)

View Item View Item