Peran Kepala Sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi pedagogik Guru PAI di SDIT Arafah Sampit Kab.Kotawaringin Timur

Fatimah, Siti (2017) Peran Kepala Sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi pedagogik Guru PAI di SDIT Arafah Sampit Kab.Kotawaringin Timur. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (955kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran PAI merupakan mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pembentukan moral, kepribadian, dan karakter. Agar nilai-nilai yang termuat dalam pelajaran PAI dapat diserap dengan baik oleh siswa, maka guru PAI harus dibekali dengan kompetensi yang mengarah pada proses transfer dan penyerapan tersebut yaitu kompetensi pedagogik.
Kompetensi pedagogik dapat dicapai dan ditingkatkan melalui proses pembinaan secara berkesinambungan. Pembinaan ini tentunya melibatkan guru pembina pada lingkungan satuan pendidikan yaitu kepala sekolah. Kepala sekolah mempunyai banyak peran dan jika dikaitkan dengan pembinaan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru, maka kepala sekolah harus menjalankan perannya sebagai seorang leader.
Dalam tesis ini dibahas mengenai peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di SDIT Arafah Sampit Kab. Kotawaringin Timur. Adapun rumusan masalah dan tujuan penelitian dalam tesis ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah sebagai leader di SDIT Arafah Sampit dan implikasinya terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI.
Penelitian dalam tesis ini berjenis kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui Interview, Observasi, dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan versi Milles dan Huberman yaitu (1) Reduksi Data, (2) Display Data, dan (3) Penarikan Kesimpulan.
Adapun temuan hasil penelitian adalah; (1) Kepala di SDIT Arafah Sampit menjalankan perannya sebagai leader dengan baik dalam meningkatkan kompetensi pedagogoik guru PAI. Peran ini terimplementasi dalam bentuk (a) memberikan petunjuk, (b) memberikan bimbingan & pengawasan, (c) memberikan motivasi, (d) membuka komunikasi dua arah, (e) mendelegasikan tugas kepada guru PAI sesuai kompetensinya.Dari 5 peran leader tersebut, peran yang paling menonjol adalah yang pertama, yaitu memberi petunjuk. (2) Peran leader dari kepala SDIT Arafah berimplikasi positif (sangat baik) terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru PAI. Hal ini dapat dilihat dengan tercapainya seluruh indikator aspek kompetensi pedagogik yaitu: (a) aspek perencanaan pembelajaran, (b) aspek pelaksanaan pembelajaran, dan (c) aspek penilaian/evaluasi pembelajaran. Kemudian secara spesifik dari ketiga aspek ini yang mengalami peningkatan secara signifikan adalah aspek pelaksanaan pembelajaran khususnya dalam hal penggunaan media digital (IT) yang sebelumnya sangat jarang digunakan oleh guru PAI SDIT Arafah.

ABSTRACT
The subject of Islamic educational is course totally linking at forming manner, personality and character. It is in order students to pick up the value in the course well. And thus, teacher must have the ability in competencing pedagogy.
The pedagogy competency can be attained and enhanced through guidance process which run continuous. This guidance of course involves the teacher in educational environment namely headmaster. It has many roles for giving guidance to enhance teacher’s pedagogy competence. Thus, it has role as a leader in the school.
In this thesis, being discussed about the role of the headmaster as a leader in enhancing the Islamic educational teacher’s pedagogy competence at SDIT (Private Islamic primary School) Arafah Sampit in East Kotawaringin. However, the reseach question and the aim of this study was at discovering the how of the headmaster’s role as a leader of the implementation agains improvement of the Islamic teachers’s pedagogy competence.
The qualitative principle was done through interview, observation and documentation. Reduction, Display and Conclusion data were the techniques in collecting the data by using Milles and Huberman version.
In a nutsheel, there were discovered; (1) the headmaster did its leadership role well in promoting the Islamic teacher’s pedagogy competency. This role was implemented in the form af (a) Pointing direction out, (b) Giving guidance and supervision, (c) Motivating, (d) Opening communicatively interaction, (e) Deciding the job for the teacher. (2) One of the prominent roles which comes from the teacher’s was at pointing direction out. It also give positive impact on teacher’s pedagogy competence. These things could be figured out by achieving the indicators of the pedagogy competence such as (a) lesson planning, (b) lesson implementation, (c) lesson evaluation. In one words, specifically from those three aspect which encompassed significantly was the special learning implemented by digital media before rarely used by the Islamic teacher of SDIT (Private Islamic primary School) Arafah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah; Leader; Kompetensi Pedagogik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 24 Jul 2018 02:54
Last Modified: 24 Jul 2018 02:54
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1059

Actions (login required)

View Item View Item