Manajemen kurikulum terpadu di SMP Islam Terpadu Al Ghazali Palangka Raya

Rahmansyah, Rahmansyah (2017) Manajemen kurikulum terpadu di SMP Islam Terpadu Al Ghazali Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidik sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan pendidikan harus memahami kurikulum. Keterlibatan pendidik dalam rangka keberhasilan pelaksanaan kurikulum sangat penting, sehingga kegagalan guru dalam memahami dan menerjemahkan materi-materi yang dikehendaki oleh kurikulum, akan berimplikasi juga pada kegagalan penerapan kurikulum dan pencapaian tujuan pendidikan itu sendiri. Hal ini tidak terlepas dari pendidik sebagai pelaksana kurikulum dan dari metode yang digunakan. Latar belakang tersebut mengarahkan penulis untuk mengetahui secara mendalam tentang bagiaman Manjemen Kurikulum Terpadu di SMPIT Al Ghazali Palangka Raya.
Penelitian ini meneliti tentang Manjemen Kurikulum Terpadu di SMPIT Al Ghazali Palangka Raya dengan rumusan masalah: mengapa SMPIT Al Ghazali menggunakan kurikulum terpadu, bagaima perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum terpadu di SMPIT Al Ghazali Palangka Raya.
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan mangaimana Manjemen Kurikulum Terpadu di SMPIT Al Ghazali Palangka Raya, sehingga pada akhirnya dapat diketahui bagaimana Manjemen Kurikulum Terpadu di SMPIT Al Ghazali Palangka Raya.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitif, yaitu penelitian yang tujuan utamanya untuk menerangkan kondisi apa adanya. Secara metodologis penelitian ini termasuk dalam lingkup penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di kancah lapangan terjadinya gejala-gejala atau peristiwa. Penelitian ini merupakan bagian dari jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan keutuhan gejala atau peristiwa dengan memahami makna dari gejala atau peristiwa tersebut. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, intervieu dan dokumentasi.
Hasil penelitian tentang Manajemen Kurikulum Terpadu di SMPIT Al Ghazali Palangka Raya, hasilnya menunjukan bahwa, (1) SMPIT Al Ghzali Palangka Raya menggunkan kurikulum terpadu karena didasarkan pada empat asas yaitu, asas historis, asas filosofis, asas psikologis dan asas organisatoris. (2) Perencanaan kurikulum terpadu yang dilakukan di SMPIT Al Ghazali Palangka Raya dilakukan disetiap awal tahun ajaran dengan melalui proses pembahasan secara bersama-sama dengan yayasan dan guru-guru yang mencakup perangkat pembelajaran yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) , program tahunan (prota) dan program semester (promes). (3) Pengorganisasian kurikulum terpadu di SMPIT AL Ghazali Palangka Raya dilakukan dengan memetakan (mengelompokan) antara mata pelajaran yang serumpun kemudian dipadukan dengan dalil-dail agama sebagai nuansa Islaminya. (4) Pelaksanaan kurikulum terpadu di SMPIT AL Ghazali Palangka Raya berpedoman pada perencanaan yang sudah dibuat, yaitu silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah dibuat. Adapun pelaksaannya bila ada yang perlu dirubah, maka akan dilakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan. (5) Evaluasi kurikulum terpadu di SMPIT AL Ghazali Palangka Raya dilakukan terhadap siswa dan guru. Evaluasi terhadap siswa lebih kepada pembelajaran. Untuk evaluasi terhadap guru dilakukan setiap hari, setiap minggu dan setiap semester. Bahkan setiap tahun diundang dari luar yang berkompeten dibidangnya unutk mengevaluasi guru-guru SMPIT Al Ghazali

ABSTRACT

Educators, as the front line of the education, must understand the curriculum. The involvement of educators in order to succeed the curriculum implementation is crucial, so the teacher’s failure to understand and to interpret the intended materials in the curriculum would also implicate the failure of the curriculum implementation and the education purpose achievement itself. It is related to the educators as the implementers and the used method. The background led the writer to study about how the integrated curriculum management is at SMPIT Al Ghazali Palangka Raya.
The formulations of the problem are why SMPIT Al Ghazali uses the integrated curriculum, how the plan, the organization, the action, and the evaluation of the integrated curriculum are implemented at SMPIT Al Ghazali Palangka Raya.
The purpose of the research is to describe how the integrated curriculum management is at SMPIT Al Ghazali Palangka Raya, so it is finally known how the integrated curriculum management is at SMPIT Al Ghazali Palangka Raya.
The research is the descriptive-analytic research, which the main purpose of the research is to describe the real condition. Methodologically, the research is included in the field research, which is conducted in the field that shows the symptoms or the event. The research used qualitative approach. The approach aims to describe the whole of the symptom or the event by understanding its meaning. The collecting data method is through observation, interview and documentation.
The results of the research indicate that; (1) SMPIT Al Ghazali Palangka Raya uses the integrated curriculum based on four principles, i.e. historical, philosophical, psychological, and organizational principle, (2) the plan of the integrated curriculum at SMPIT Al Ghazali Palangka Raya is conducted in the beginning of the school year through the discussion between the board and the teachers about the teaching administrations; syllabus, lesson plan, annual and semester program, (3) the organization of the integrated curriculum at SMPIT AL Ghazali Palangka Raya is conducted by classifying the subjects to be integrated with the religious postulates as the Islamic condition, (4) the implementation of the integrated curriculum at SMPIT AL Ghazali Palangka Raya is based on the plan, the syllabus and the lesson plan. If the change is needed when it is implemented, it will be changed as much as needed, (5) the evaluation of the integrated curriculum at SMPIT Al Ghazali Palangka Raya is conducted for the students and the teacher. Evaluation for the students focuses on the learning. Evaluation for the teacher is conducted daily, weekly, and every semester. There is also the annual evaluation by inviting the competent people to evaluate the teachers of SMPIT Al Ghazali.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum Terpadu
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 06 Jul 2018 08:12
Last Modified: 06 Jul 2018 08:12
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1052

Actions (login required)

View Item View Item