Noor, Muhammad (2017) Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat(humas) di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sahabat Alam Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
TESIS Muhammad Noor-15013110.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Humas merupakan penghubung saluran komunikasi antara sekolah dengan publik-publiknya. Humas merupakan proses yang melaksanakan fungsi manajemen yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. SDIT Sahabat Alam memiliki karakteristik yang berbeda dibanding lembaga pendidikan lainnya, namun kepercayaan orang tua untuk pendidikan anaknya hal ini tentu tidak terlepas dari peran Humas yang di jalankan oleh SDIT Sahabat Alam. Berdasarkan masalah inilah peneliti tertarik bagaimana pelaksanaan Humas yang dilaksanakan di SDIT Sahabat Alam.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) perencanaan program humas di SDIT Sahabat Alam Palangka Raya; 2) pelaksanaan program humas di SDIT Sahabat Alam Palangka Raya, dan 3) evaluasi program humas di SDIT Sahabat Alam Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang dilakukan di SDIT Sahabat Alam Palangka Raya, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi, Penelitian ini menggunakan 3 tahapan analisis, yaitu : data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Manajemen perencanaan Humas di SDIT Sahabat Alam belum berjalan maksimal yaitu a) belum mencantumkan tujuan atau pencapaian setiap program kegiatan Humas;
b) program kegiatan humas tidak ada klasifikasi; c) timeline kegiatan Humas sudah diatur; d) sumberdaya masih banyak kendala; e) prosedur pelaksanaan sudah diatur sistematis, dan f) perangkat evaluasi belum dibuat. 2) Manajemen pelaksanaan kegiatan Humas di SDIT Sahabat Alam mencoba untuk mengikutsertakan personel sekolah dalam semua tahap kegiatan Humas dan juga melibatkan kepala sekolah dan koordinator dalam memonitoring dan mengontrol pelaksanaan, agar pelaksanaan tersebut bisa berjalan sesuai rencana program kerja, dengan mencatat kendala yang dihadapi di lapangan selanjutnya dijadikan sebagai agenda perbaikan (refleksi) di tahun mendatang. 3) Manajemen evaluasi Humas di SDIT Sahabat Alam diketahui bahwa evaluasi dilakukan secara bertahap, yaitu pada proses pelaksanaan Humas melaporkan secara berkala perkembangan kegiatan kepada kepala sekolah setiap bulan secara lisan dan mencatat kendala-kendala atau hambatan dalam pelaksanaan program kerja untuk menjadi bahan evaluasi pada tahap rapat kerja akhir tahun dan merumuskan langkah-langkah perbaikan.
ABSTRACT
Public relations is the communication connector between school and its public. It is the process that implements the management function involving a plan, implementation, and evaluation. SDIT Sahabat Alam has a distinctive characteristic compared to the other educational institution, yet the parent’s trust for their children’s education is related to the public relations’ role of SDIT Sahabat Alam. Based on the problem, it is interesting to conduct a research about how the realization of the public relations is implemented at SDIT Sahabat Alam.
The problems of the research are 1) the plan of public relations program at SDIT Sahabat Alam Palangka Raya, 2) the implementation of public relations program at SDIT Sahabat Alam Palangka Raya, and 3) the evaluation of public relations program at SDIT Sahabat Alam Palangka Raya.
The research used qualitative method and it was conducted at SDIT Sahabat Alam Palangka Raya. The data collection techniques were observation, interviews, and documentation. The data validation technique was triangulation. The research used three-step analysis; data reduction, data display, and data conclusion (drawing/verification).
The result of the research shows that 1) Management of public relations planning in SDIT Sahabat Alam has not run maximally, i.e a) the unavailable (written) purpose or achievement in every program of PR activities; b) no classification in the program of PR activities; c) the arranged PR activities in the timeline; d) the obstacles of the resources; e) the systematic arrangement of the; f) the unavailable evaluation component, 2)The management of PR activity implementation at SDIT Sahabat Alam try to involve the school personnel in all stages of PR activities and also the principal as well as the coordinator in monitoring and controlling the implementation, so it can run as planned in the program by taking notes of the encountered obstacles in the field to be the agenda of the evaluation (reflection) in the following year, 3) The management of PR at SDIT Sahabat Alam is evaluated gradually, in the implementation, PR gradually report the progress of activities to the principal orally every month, takes notes the obstacles in implementing the program as the reference of evaluation at the annual meeting in the end of academic year and formulates the improvement.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Hubungan Masyarakat (Humas) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 04 Jul 2018 07:35 |
Last Modified: | 04 Jul 2018 07:35 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1039 |
Actions (login required)
View Item |