Hajrul, Siti (2017) Manajemen lembaga pengembangan tilawatil qur'an dalam meningkatkan prestasi tilawatil qur'an di Kotawaringin Barat. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak.pdf Download (768kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I - V.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kepemimpinan tidak bisa lepas dengan dunia pendidikan baik itu pendidikan formal maupun pendidikan non formal karena dalam dunia pendidikan pasti terdapat manusia-manusia yang mengatur dan menjalankan proses manajemen, mulai dari perencanaan, pengoganisasian, penggerakan dan pengawasan. Peranan pemimpin sangatlah penting dalam pengelolaan sumber daya yang ada untuk menjalankan dan mengembangkan proses manajemen pendidikan guna mencapai ujuan yang efektif dan efisien, baik dalam proses maupun hasil.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah:1) Mengetahui bagaimana perencanaan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an dalam meningkatkan prestasi Tilawatil Qur’an di Kotawaringin Barat. 2) Mengetahui bagaimana pengorganisasian Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an dalam meningkatkan prestasi Tilawatil Qur’an di Kotawaringin Barat, 3) Mengetahui bagaimana penggerakan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an dalam meningkatkan prestasi Tilawatil Qur’an di Kotawaringin Barat, 4) Mengetahui bagaimana pengawasan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an dalam meningkatkan prestasi Tilawatil Qur’an di Kotawaringin Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif jenis penelitian lapangan (field research). Subyek dalam penelitian ini adalah ketua LPTQ, sedangkan informannya adalah Sekretaris Umum LPTQ, Ketua Pehakiman, Wakil Ketua LPTQ, dan Kesekretariatan LPTQ para pelatih, orang tua dari peserta pelatihan (masyarakat) dan Qari dan Qari’ah sebagai peserta pelatihan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumenasi. Analisis data menggunakan analisis model inteaktif. Tiga komponen utama analisis data,yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan LPTQ dalam meningkatkan prestasi Tilawatil Qur’an di Kotawaringin Barat meliputi: a) perencanaan kegiatan, b) perencanaan tempat pembinaan/pelatihan, c) perencanaan penentuan pembina, d) peencanaan waktu pelaksanaan, e) perencanaan daya tampung peseta. 2) Pengorganisasian LPTQ Dalam Meningkatkan Prestasi Tilawatil Qur’an di Kotawaringin Barat dengan cara memberi tugas dan tanggungjawab kepada para pengurus sesuai dengan bidangnya masing-masing, 3) Penggerakkan LPTQ dalam meningkatkan prestasi Tilawatil Qur’an di Kotawaringin Barat dengan cara membimbing dan mengarahkan terhadap bawahan untuk bekerja dengan baik dan disiplin. Mengarahkan agar selalu aktif dan kreatif dalam menemukan variasi seni baca Al-Qur’an yang semakin berkembang saat ini. 4) Penendalian LPTQ dalam meningkatkan prestasi Tilawatil Qur’an di Kotawaringin Barat dengan cara melakukan penawasan, pengontrolan terhadap para pengurus, para pelatih dan selalu mengkomunikasikan tentang hasil kerja di lapangan.
ABSTRACT
Leadership can not be separated from the world of education, both formal and non-formal education because in the education there must be human beings who manage and run the management process, ranging from planning, pengoganisasian, mobilization and supervision. The role of the leader is crucial in managing existing resources to run and develop the educational management process to achieve an effective and efficient objective, both in process and outcome.
The objectives of this research are: 1) Knowing how the planning of the Tilawatil Qur'an Development Institution in improving the achievement of Tilawatil Qur'an in Kotawaringin Barat. 2) Knowing how to organize Qur'anic Institution Development in improving the achievement of Tilawatil Qur'an in Kotawaringin Barat, 3) Knowing how the Movement of Tilawatil Qur'an Development Institution in improving Tilawatil Qur'an achievement in Kotawaringin Barat, 4) Knowing how to supervise Institution Development of Qur'anic Tilawatil in improving the achievements of Tilawatil Qur'an in Kotawaringin Barat.
The method used in this research is qualitative method of field research type (field research). The subjects in this study were LPTQ leaders, while the informants were the General Secretary of LPTQ, Chairman of Pehakiman, Vice Chairman of LPTQ, and the LPTQ Secretariat of trainers, parents of trainees (community) and Qari and Qari'ah as trainees. The methods used in data collection are: observation, interview, and documentation. Data analysis using inteactive model analysis. Three main components of data analysis, namely data reduction, data presentation and conclusion.
The results of this study indicate that: 1) LPTQ planning in improving the performance of the Qur'anic Tilawatil in Kotawaringin Barat includes: a) planning activities, b) planning of training places, c) planning of determinants, d) planning of implementation time, e) planning capacity peseta. 2) LPTQ Organizing In Improving the Achievement of the Quran Tilawatil in West Kotawaringin by giving tasks and responsibilities to the board in accordance with their respective fields, 3) LPTQ mobilization in improving the achievement of Tilawatil Qur'an in Kotawaringin Barat by guiding and directing against subordinates to work well and discipline. Leads to be always active and creative in finding the variations of reading art of the Qur'an is growing nowadays. 4) Control of LPTQ in improving the achievement of Tilawatil Qur'an in Kotawaringin Barat by way of supervision, controlling the board, the trainers and always communicate about the work in the field.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen LPTQ; Prestasi Tilawatil Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 03 Jul 2018 08:33 |
Last Modified: | 04 Jul 2018 02:03 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1029 |
Actions (login required)
View Item |