Evaluasi program parenting pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sahabat Alam Palangka Raya

Amini, Halimah Nur (2017) Evaluasi program parenting pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sahabat Alam Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - V.pdf

Download (777kB) | Preview

Abstract

Program Parenting Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Sahabat Alam Palangka Raya dimulai sejak 2010. Program ini lahir karena SDIT Sahabat Alam memahami bahwa tanggung jawab pengasuhan terbesar berada pada orang tua di rumah, sekolah hanyalah salah satu sarana pengasuhan, maka sekolah harus memfasilitasi agar orang tua kembali memahami makna pengasuhan yang baik.

Rumusan penelitian ini adalah 1. Bagaimana proses pelaksanaan program parenting di SDIT Sahabat Alam dan 2. Bagaimana evaluasi program parenting di SDIT Sahabat Alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan program parenting SDIT Sahabat Alam dan mengetahui hasil evaluasi program parenting SDIT Sahabat Alam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, dokumen, observasi dan kuesioner.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1. Pelaksanaan program parenting SDIT Sahabat Alam Palangka Raya merupakan hasil dari musyawarah pada rapat kerja pertama sekolah yakni pata tahun 2010. 2. Evaluasi program dilakukan dengan menggunakan evaluasi program model CIPPO. Evaluasi konteks terkait dengan visi dan target dari program parenting, visi program parenting SDIT Sahabat Alam adalah Pengasuhan itu milik orang tua, Sekolah hanya membantu. Adapun target dari program parenting SDIT Sahabat Alam adalah orang tua memiliki skill parenting yang baik. Hasil dari evaluasi input bahwa pengelolaan pemateri dan kepanitiaan telah dilakukan sejak awal rapat kerja diawal semester. Pengelolaan kehadiran orang tua melalui surat komitmen kehadiran orang tua dan selanjutnya info dari sekolah. Pengelolaan keuangan dan pengelolaan sarana prasarana di lakukan oleh panitia. Evaluasi proses meliputi evaluasi materi, evaluasi kehadiran, dan evaluasi keaktifan peserta parenting saat diskusi. Materi yang menjadi pembahasan dalam parenting telah mengacu pada visi dan target program. Kehadiran orang tua diatas 60%. Evaluasi product meliputi evaluasi materi parenting dan kebermanfaatan materi parenting pada orang tua. Evaluasi outcome terkait dengan perubahan pola pengasuhan. Orang tua memaparkan beberapa perubahan pengasuhan yang mereka lakukan diantaranya: merubah cara menegur kesalahan anak, mendukung segala kreativitas anak, mengutamakan diskusi dan menghargai pendapat anak, mendidik anak sesuai tahapan perkembangan serta membangun komunikasi dengan pasangan dalam pengasuhan anak.

ABSTRACT

Parenting program of SDIT Sahabat Alam Palangka Raya has been started since 2010. The program exists since SDIT Sahabat Alam apprehends that the greatest responsibility of parenting is on the parents at home and school is only one of nurturing facilities, so school must facilitate parents to comprehend the meaning of good parenting.

The formulations of the research are 1. How the process of parenting program is implemented at SDIT Sahabat Alam and 2. How the parenting program is evaluated at SDIT Sahabat Alam. Therefore, the purposes of the research are to know the process of parenting program implementation at SDIT Sahabat Alam and to know the result of SDIT Sahabat Alam parenting program evaluation. The research is a qualitative field research. The data collection techniques are interviews, documents, and questionnaires.

The result of the research shows that 1. The implementation of SDIT Sahabat Alam parenting program is the result of the deliberation in the first school meeting, 2010. 2. The program evaluation is conducted by CIPPO evaluation model. The context evaluation is related to the vision and the target of parenting program. The vision of SDIT Sahabat Alam parenting program is that parents do the parenting while school just supports. The target of the program is parents have good parenting skills. The result of the input evaluation is the management of the speaker and the committee has been decided since the initial semester, in the annual general meeting. The management of the parent attendance is through the statement commitment of parent attendance and then the school informs further. The committee manages the finance and the facility. The process evaluation includes the material, the attendance, and the level of parents’ activity in discussion. The discussed material refers to the vision and the target of the program. The attendance of parents is above 60%. The product evaluation includes the parenting material and its benefit of the parents. The outcome evaluation is related to the change in the parenting. Parents explain some parenting changes such as changing the way to reprove the child for the mistake, supporting all child creativity, prioritizing discussion and respecting the child’s opinion, educating the child according to the stages of development, and establishing the couple communication in parenting.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program; Parenting
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:21
Last Modified: 04 Jul 2018 02:04
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item View Item