Kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi pendidikan di MTsN Pangkalan Bun kabupaten Kotawaringin Barat

Norhanuddin, Norhanuddin (2017) Kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi pendidikan di MTsN Pangkalan Bun kabupaten Kotawaringin Barat. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
TESIS H. Norhanuddin - 15013099.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah adalah hal yang signifikan dalam menentukan keberhasilan dalam pelaksanaan inovasi pendidikan. Keberhasilan kepemimpinan kepala madrasah sangat ditentukan oleh gaya kepemimpinan yang diterapkan. Kepemimpinan merupakan proses seorang individu mempengaruhi sekelompok individu untuk mencapai suatu tujuan. Seorang kepala madrasah harus dapat mempengaruhi seluruh warga madrasah yang dipimpinnya melalui cara-cara yang positif untuk mencapai tujuan pendidikan di madrasah.
Melihat fenomena di atas, maka peneliti terpanggil untuk mengadakan penelitian dengan fokus: Kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi pendidikan di MTsN Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat, yang meliputi: 1) Gagasan baru untuk inovasi pendidikan pada bidang Pembelajaran, dan Sarana Prasarana di MTsN Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat; 2) Implementasi ide-ide baru di MTsN Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat; dan 3) Pengaturan lingkungan kerja di MTsN Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi melalui sumber data manusia dan nonmanusia. Analisis dilakukan selama pengumpulan data dan sesudah semua data terkumpul. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik: standar kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Temuan dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala madrasah dalam inovasi pendidikan meliputi: 1) Gagasan baru dan inovasi pendidikan bidang pembelajaran dan sarana prasarana pada MTsN Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat dikemas dalam bentuk program perencanaan peningkatan mutu pembelajaran dan sarana prasarana pembelajaran, yaitu program peningkatan kualitas guru melalui supervisi, penilaian kinerja, diklat, PKG dan pemberdayaan MGMP, serta pengadaan sarana prasarana penunjang pembelajaran; 2) Implementasi gagasan baru pada MTsN Pangkalan Bun telah dilaksanakan dengan baik oleh semua komponen madrasah untuk kemajuan pendidikan mutu pembelajaran dan kelengkapan sarana prasarana penunjang pembelajaran di MTsN Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat; 3) Mengatur lingkungan kerja pada MTsN Pangkalan Bun dengan baik mulai dari yang berbentuk fisik dan nonfisik sehingga menjadi lingkungan kerja yang kondusif memberikan rasa aman dan memungkinkan para guru dan karyawan untuk dapat bekerja optimal

ABSTRACT

Leadership of headmaster is significant in determining success in the implementation of educational innovation. The successful leadership of a headmaster is largely determined by the style of leadership applied by the headmaster. Leadership is an individual process affecting a group of individuals to achieve a goal. A headmaster should be able to influence the entire madrasah he leads to speak a positive way to achieve the educational goals of the madrasah.
Based on the phenomenon above, the researcher intended to conduct research with focus on: Leadership of headmaster in education innovation in MTsN Pangkalan Bun Kotawaringin Barat Regency, which include: 1) New ideas for education innovation in the field of learning, infrastructure and facilities in MTsN Pangkalan Bun West Kotawaringin Regency; 2) Implementation of new ideas in MTsN Pangkalan Bun Kotawaringin Barat Regency; and 3) Work regulation in MTsN Pangkalan Bun Kotawaringin Barat Regency.
The type of study was a field research with qualitative descriptive approach. Data obtained through interview, observation, and documentation either human or non human data sources. The analysis was performed during data collection and after all data was collected. The validity test of data was done in several techniques namely credibility, transferability, dependability, and conformability.
The findings of study were the leadership of headmaster in education innovation include: 1) New ideas and innovation of education in the field of learning and infrastructure in MTsN Pangkalan Bun Kotawaringin Barat Regency was conducted in the form of planning programs to improve the quality of learning and teaching infrastructure facilities, which teacher quality improvement program through supervision, performance appraisal, training, PKG, empowerment of MGMP, and provision of supporting infrastructure; 2) Implementation of new ideas in MTsN Pangkalan Bun had been well implemented by all components of madrasah for the advancement of quality education of learning and completeness of supporting facilities infrastructure in MTsN Pangkalan Bun Kotawaringin Barat Regency; 3) The working environment in MTsN Pangkalan Bun had to be set well either the physical and non-physical in order to be a conducive working environment as giving a sense of security and allowed teachers and employees to work optimally.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala Madrasah; Inovasi Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry
Date Deposited: 02 Jul 2018 06:43
Last Modified: 04 Jul 2018 02:12
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item